Connect with us

Politik

Gandeng Anggota FPDI-Perjuangan, Bakesbangpol Situbondo Sosialisasi Nilai-nilai Ideologi Pancasila

Diterbitkan

||

Gandeng Anggota FPDI-Perjuangan, Bakesbangpol Situbondo Sosialisasi Nilai-nilai Ideologi Pancasila

Memontum Situbondo – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan anggota Fraksi PDI-Perjuangan DPRD Situbondo, Rudi Afianto, sosialisasi penanaman nilai-nilai ideologi Pancasila, Kamis (09/06/2022).

Kegiatan yang dikonsentrasikan di salah satu di Rumah Makan Kecamatan Kapongan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menanamkan nilai nilai ideologi Pancasila. Terutama, dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, juga sebagai penguatan karakter bangsa dalam menciptakan suasana keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Serta, membangkitkan rasa dan semangat kebangsaan demi mendorong terwujudnya kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis.

Dalam paparan materinya, anggota DPRD dari DPC PDI-Perjuangan Situbondo, Rudi Afianto, mengungkapkan bahwa penguatan ideologi Pancasila merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diberikan. Terutama, untuk generasi muda. Sebab, di tangan pemuda masa depan bangsa Indonesia, akan diwariskan.

Dengan begitu, generasi muda Indonesia tidak kehilangan jati diri bangsanya, penguatan pemahaman terhadap nilai nilai ideologi Pancasila harus terus digalakkan. Salah satunya, dengan mengintensifkan kegiatan-kegiatan yang membuka ruang edukasi seperti sosialisasi kepada masyarakat, khususnya bagi para pemuda-pemudi di Kabupaten Situbondo.

Baca juga :

“Anak muda adalah harapan masa depan bangsa. Di tangan mereka nasib bangsa kita ini dipertaruhkan. Untuk itu, sebagai bekal menyongsong masa depan itu, sedini mungkin kita harus sudah tanamkan nilai-nilai Pancasila. Agar mereka, para generasi muda tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia,” jelas Rudi.

Lebih lanjut anggota DPRD Situbondo tiga periode ini menjelaskan, penguatan ideologi Pancasila di kalangan anak muda, tidak hanya untuk terus merawat dan mempertahankan jati diri bangsa, tetapi juga sebagai tali perekat yang dapat memperkokoh eksistensi bangsa Indonesia.

“Penguatan ideologi Pancasila tidak hanya untuk menjaga serta merawat jati diri bangsa, namun juga sebagai bentuk pengokohan eksistensi bangsa Indonesia, agar tak mudah untuk diprovokasi dan diadu domba oleh pihak-pihak yang sengaja ingin Indonesia terpecah belah” ungkapnya.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada semua lapisan masyarakat Situbondo, tentang pentingnya penanaman nilai nilai ideologi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Dengan begitu, bangsa Indonesia menjadi lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi berbagai permasalahan dan tidak mudah terprovokasi dengan kekerasan yang bersifat keagamaan, ras, suku dan budaya,” kata Sopan Efendi. (her/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.