Connect with us

Pemerintahan

Makaryo Neng Deso, Bupati Trenggalek Sempatkan Diri Tinjau Aksi Swadaya Pemuda Tambal Jalan Kampak-Munjungan

Diterbitkan

||

Makaryo Neng Deso, Bupati Trenggalek Sempatkan Diri Tinjau Aksi Swadaya Pemuda Tambal Jalan Kampak-Munjungan
TINJAU: Bupati Arifin saat meninjau pelapisan aspal Kampak-Munjungan, yang dilakukan secara swadaya masyarakat. (memontum.com/mil)

Memontum Trenggalek – Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, melihat aksi swadaya pemuda di Dusun Tanjung, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak, dalam menambal ruas jalan Kampak-Munjungan. Dalam kesempatan itu, dirinya juga meminta segera ada pelapisan aspal untuk penutupan lubang jalan.

Di sela peninjauan itu, Bupati Arifin juga mengapresiasi dan menyampaikan rasa terima kasih atas swadaya yang dilakukan. Menindaklanjuti jerih payah itu, dirinya meminta Kepala Dinas PUPR, untuk segera melapisi tambalan lubang dengan aspal. Sementara warga, juga diminta menandai lubang dengan cat.

Sehingga, itu untuk memudahkan dinas teknis, dalam melakukan perbaikan jalan lebih lanjut. Pelapisan aspal sendiri, nantinya akan menggunakan dana perawatan rutin jalan yang ada di Dinas PUPR Trenggalek.

“Makaryo di desa, itu tujuannya mendekatkan pelayanan ke desa. Saya pernah ngantor di desa, tetapi kapasitasnya tidak sebesar ini. Saya membawa OPD untuk memberikan pelayanan dan tadi bisa kita lihat ada yang mengurus NIB, sertifikasi halal sampai dengan BMUD menyalurkan kredit. Kemudian, ada solar Cell My Pertamina dan sekarang ini evaluasi jalan,” terang Bupati Arifin, Kamis (12/01/2023) siang.

Baca juga :

Ditambahkannya, meskipun tujuannya saat itu Desa Bogoran, tetapi dirinya juga melakukan kunjungan ke desa lain. Seperti di Desa Karangrejo dan bertemu bersama petani-petani, serta memberikan solusi bagaimana penanganan hama, kekurangan pupuk dan segala macam yang lainnya.

“Kemudian kita juga mengantar KIS ke rumah warga miskin, yang selama ini belum punya KIS. Kita mengantarkan ke rumah secara door to door,” imbuh Bupati Arifin.

Terkait jalan rusak dan membahayakan pengguna jalan, Mas Ipin-sapaan akrabnya mengatakan bisa langsung dianggarkan melalui perawatan rutin. “Nanti tim akan langsung mempersiapkan. Kalau betonnya keras, maka langsung bisa kita lapisi aspal pakai anggaran pemeliharaan rutin,” tegas suami Novita Hardiny.

Sementara itu, Kepala Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak, Marsan, saat mendampingi Bupati Trenggalek dalam tinjauannya menyampaikan, perbaikan jalan Kampak-Munjungan di ruas wilayahnya merupakan antusias dari pemuda khususnya di Dusun Tanjung. “Semua dilakuan secara swadaya. Pemuda di desa kami, khususnya di Dusun Tanjung, ini sangat antusias mengajak seluruh pemuda di Ngadimulyo, untuk melakukan penambalan jalan berlubang secara swadaya. Semua dari pemuda dan juga sumbangan kendaraan yang melintas dan mau ikut andil merawat jalan ini,” bebernya.

Kades Ngadimulyo juga mengapresiasi, upaya Bupati Trenggalek yang turun langsung meninjau saat menjalankan program Makaryo Neng Deso di Kecamatan Kampak. Terlebih, Bupati Trenggalek segera membuat kebijakan dan memerintahkan jajarannya untuk segera memberikan lapisan aspal setelah penutupan lubang mengeras dalam waktu dekat. (mil/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *