Connect with us

Lamongan

Peringati Hari Buku Nasional 2022, Pemkab Lamongan Ciptakan Karakter Anak Lewat Membaca Buku

Diterbitkan

||

Peringati Hari Buku Nasional 2022, Pemkab Lamongan Ciptakan Karakter Anak Lewat Membaca Buku

Memontum Lamongan – Buku adalah jendela dunia. Di mana, kita bisa melihat isi dunia tanpa melakukan perjalanan, hanya cukup membaca sebuah halaman. Begitulah adagium yang sering kita sematkan tentang kekuatan membaca.

Bertepatan dengan Peringatan Hari Buku Nasional tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) menggelar Workshop Mendongeng dan Membaca Nyaring (Read Aloud), yang dibuka secara langsung Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, di Aula Cendikia Dinas Arpus Lamongan, Selasa (17/5/2022) dan dapat disaksikan secara Live Streaming melalui Channel Youtube.

Di hadapan seluruh peserta workshop, Bupati Yuhronur menceritakan kisah kecilnya yang sangat hobi membaca buku. Menurutnya, dengan membiasakan membaca buku sejak dini dapat menciptakan karakter kuat pada diri seseorang, termasuk yang membawanya hingga pada posisi sekarang menjadi orang nomor satu di Lamongan.

“Sejak kecil saya senang membaca. Membaca buku apa saja, buku sains, buku biografi tokoh-tokoh penting dan berpengaruh, buku sastra, buku cerita, novel, dongeng semua saya membacanya. Dan saya yakin pengetahuan inilah yang mengakumulasi diri saya. Bahkan saya bukan siapa-siapa tanpa membaca,” kisahnya.

Diceritakan lebih lanjut oleh Bupati yang gemar membaca tersebut, untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak, beliau membiasakan membacakan dongeng kepada anak-anaknya. Bahkan tidak hanya memberi pengalaman imajinasi dan membuka cakrawala pengetahuan, lewat bercerita/mendongeng akan semakin mendekatkan hubungan emosional antara orang tua dan anak.

Baca juga :

Untuk itu, Bupati Yuhronur mengajak seluruh orang tua serta para pendidik untuk terus bersemangat membiasakan anak gemar membaca sejak dini, sehingga dapat membentuk karakter kuat generasi emas Lamongan. “Mari terus semangat menggalakkan gerakan Lamongan membaca menjadi sesuatu yang beda. Agar virus membaca, kegemaran anak membaca menjadi bekal generasi muda kita menjadi generasi yang baik (berakhlak), sehat, serta cerdas jiwa dan raganya,” imbuhnya.

Senada dengan Bupati Yuhronur, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah, mengungkapkan bahwa dalam meningkatkan minat baca, pihaknya telah melakukan serangkaian upaya diantaranya program rutin Celengan (Cerita online Lamongan) yang dilakukan melalui saluran youtube dan sosial media Perpusda Lamongan serta Celengan roadshow.

“Kami terus meningkatkan program tersebut dengan menghadirkan guru dari PAUD, TK,SD/MI untuk belajar bersama meningkatkan kualitas mendongeng dan membaca nyaring kepada anak-anak. Ini bagian tugas kami dalam berupaya agar minat baca buku masyarakat semakin meningkat,” tuturnya.

Berdasarkan data BPS, tingkat kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Lamongan tahun 2021 berada di level 70,90 atau termasuk kategori tinggi. Bahkan, untuk memunculkan jiwa kompetisi dan semakin meningkatkan kegemaran membaca generasi emas Lamongan, Dinas Arpus Lamongan akan menggelar lomba berturut ringkas tingkat SD/MI se-Kabupaten Lamongan yang telah dibuka pendaftarannya hingga tanggal 22 Mei mendatang.

Dalam pelaksanaan yang mengambil tema ‘Bersama Literasi Mewujudkan Kejayaan Lamongan yang Berkeadilan’, turut menghadirkan Bunda Inge Ariani Safitri (Pendongeng) dan Rindrah Kartiningsih sebagai narasumber. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.