Lamongan

Sambut Kurban, Bupati Lamongan Launching Bursa Hewan Ternak untuk Kurban melalui Aplikasi Si Sapi

Diterbitkan

-

Sambut Kurban, Bupati Lamongan Launching Bursa Hewan Ternak untuk Kurban melalui Aplikasi Si Sapi

Memontum Lamongan – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Lamongan (HJL) Ke-454, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, membuka Pameran Aneka Ternak dan Hewan Kesayangan, Pameran Olahan Produk Peternakan dan Posyandu Kucing, di Alun-alun Lamongan, Minggu (28/05/2023) tadi. Dalam kesempatan sama, Bupati Yuhronur juga melaunching aplikasi bursa hewan ternak untuk kurban.

Bupati Yuhronur menjelaskan bahwa di H-30 menjelang Idul Adha, ini tentu aplikasi bursa ternak untuk kurban seperti Si Sapi (Sistem Informasi Pemasaran Sapi) Kabupaten Lamongan, sangat diperlukan oleh masyarakat. Tujuannya, untuk membantu memenuhi kebutuhan hewan kurban yang sesuai ketentuan.

“Si Sapi ini sebentar lagi akan sangat diperlukan oleh masyarakat, dalam rangka memenuhi kebutuhan hewan ternak untuk kurban. Tentu, yang sudah ada di Si Sapi ini adalah hewan sehat yang sudah siap dipotong dan memang benar-benar bisa dipertanggung-jawabkan keadaannya,” kata Bupati Yuhronur.

Bursa Ternak Si Sapi Lamongan atau (sisapi.lamongankab.go.id), merupakan sarana penyedia informasi bagi masyarakat dalam mendapatkan ternak kurban yang sesuai dengan ketentuan. Melalui Si Sapi, masyarakat akan lebih mudah dalam memperoleh informasi lokasi-lokasi penyedia ternak kurban yang ada di Kabupaten Lamongan. Baik pedagang, kandang peternak atau kelompok ternak, yang dilengkapi kontak person dan lokasi. Sehingga, memudahkan bagi masyarakat atau panitia kurban dalam mencari ternak kurban.

Advertisement

Baca juga :

Adapun keunggulan hewan ternak dari bursa ternak kurban, ini yaitu tersedianya ternak-ternak kurban yang sehat hingga ternak sudah dilakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku(PMK) dan LSD (penyakit yang ditandai dengan benjolan pada kulit sapi), ternak dipantau oleh petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dianakeswan) Kabupaten Lamongan. Serta, dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan.

Dalam interaksi secara online dengan tiga peternak sapi di Lamongan, yaitu Suparto, H Zainal dan H Juri, Bupati Yuhronur memperoleh laporan bahwa pada H-30 Idul Adha ini sudah banyak masyarakat yang mulai memesan sapi di Lamongan. Seperti diungkapkan Suparto dari Koperasi Ternak Gunungrejo Makmur Kedungpring, dirinya menyampaikan bahwa telah menyiapkan 253 ekor hewan kurban dan sudah terpesan kurang lebih 53 ekor.

“Sapi-sapi yang kami siapkan sehat dan kami didampingi oleh Disnakeswan Lamongan. Sehingga, sapi sudah divaksin PMK dan LSD. Untuk pemasaran, kami selain on the spot di kandang juga online di Si Sapi. Alhamdulillah, untuk pemasaran lumayan membantu dan secara online kurang lebih 50 persen. Online paling banyak dari Gresik, Surabaya, Sidoarjo, sebagian Mojokerto, Jombang, kalau on the spot dari Lamongan dan ada dari Bojonegoro. Harga kami sudah free ongkir dan free perawatan hingga hari H. Termasuk, juga bergaransi ganti hewan ukuran yang sama kalau ada troubel saat pengiriman,” jelas Suparto.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga meninjau berbagai hewan ternak yang dipamerkan. Mulai dari reptil (iguana, ular, kadal, kura-kura), unggas (ayam-ayam hias, mentok, burung), musang, dan banyak lainnya. Juga terdapat pameran produk olahan dari peternakan mulai dari pupuk hingga penyediaan daging berkualitas, produk olahan daging, susu, dan produk telur asin.

Bahkan, tidak hanya memamerkan hewan ternak, hewan kesayangan hingga produk ternak. Namun, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Posyandu Kucing, dengan pelayanan meliputi pemeriksaan umum, konsultasi dokter hewan dan pemberian vitamin gratis. (zen/gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas