Connect with us

Jember

Seorang Warga Jember Terkonfirmasi Positif Covid-19, Diketahui saat Berada di Batam

Diterbitkan

||

Seorang Warga Jember Terkonfirmasi Positif Covid-19, Diketahui saat Berada di Batam

Memontum Jember – Seorang warga asal Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, diinformasikan terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diketahui, saat warga berjenis kelamin perempuan tersebut berada di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Terkait informasi tersebut, Satgas Covid-19 Pemkab Jember, sudah melakukan identifikasi terhadap pasien. Saat ini, yang bersangkutan tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit Jakarta.

“Untuk progres perkembangan Covid di wilayah Kabupaten Jember, secara umum cukup menurun. Namun demikian, kami menghimbau tetap kita sama-sama harus waspada prokes dan vaksinasi tentunya untuk mencapai herd immunity,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Jember, Bobby Arie Sandy, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Dinas Kominfo Jember, Rabu (29/12/2021).

Untuk pertambahan kasus Covid di wilayah Kabupaten Jember, lanjut Bobby, saat ini hanya ada satu warga Jember yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Kami mengidentifikasinya saat satu warga tersebut berada di (Kota) Batam. Informasinya, yang bersangkutan seorang buruh migran. Apakah akan berangkat ke negara tujuan, infonya ke Malaysia atau baru pulang dari luar negeri, itu yang masih kami identifikasi lebih lanjut,” ungkap Bobby.

Ditambahkan, bahwa pihaknya mengetahui pasien itu warga Jember, yakni dari KTP nya, yang memakai alamat Kecamatan Tanggul dan jenis kelamin perempuan. Namun, itu sudah tertangani dan yang bersangkutan saat ini sedang dirawat di RSBI Jakarta.

Baca juga :

Namun demikian, lanjut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Diskominfo Jember ini, sebagai langkah antisipasi sudah dilakukan tracing di alamat asal warga asal Kecamatan Tanggul tersebut. “Tentunya, ini sebagai upaya kami untuk tindakan cepat penanganan Covid, dengan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Jember,” katanya.

Bobby juga menambahkan, terkait progres penanganan penyebaran virus Covid di Kabupaten Jember, saat ini 20 kecamatan di Jember, sudah masuk zona hijau. “10 kecamatan kuning dan 1 kecamatan yakni Tanggul (kecamatan, red) orange. Karena, ada satu warga yang terkonfirmasi positif tersebut. Itu adalah data perkembangan dalam kurun waktu 7 hari terakhir,” tambahnya.

Sedangkan untuk capaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Jember, Bobby menjelaskan, sudah mendekati target minimal 70 persen. “Untuk dosis 1 mencapai 61,03 persen per tanggal 27 (Desember) kemarin. Untuk dosis 2 mencapai 35,97 persen. Sedangkan lansia, dosis 1 mencapai 40,51 persen, dan dosis 2 mencapai 20,40 persen,” sebutnya.

Dengan capaian target yang semakin meningkat, lanjut Bobby, perlu mendapat dukungan dari masyarakat Jember. Untuk dapatnya secara sadar diri melakukan vaksinasi. Sehingga, untuk mencapai upaya herd imunity dapat sesuai seperti yang diharapkan.

“Sehingga, kita juga mengajak semua stakeholder yang ada untuk mensukseskan (pelaksanaan) vaksinasi. Baik yang ada di wilayah puskesmas masing-masing, maupun di gerai mall yang tersedia saat ini,” katanya. (rio/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.