Connect with us

Lamongan

Turunkan Stunting, Pemkab Lamongan Adakan Lomba Masak Serba Ikan

Diterbitkan

||

Turunkan Stunting, Pemkab Lamongan Adakan Lomba Masak Serba Ikan

Memontum Lamongan – Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, menggelar lomba masak serba ikan di Halaman Pendopo Lokatantra, Rabu (08/06/2022) tadi. Ada pun menu masakan yang dilombakan, yakni menu untuk keluarga atau untuk Balita dengan bahan baku kreasi olahan ikan sesuai potensi daerah.

Pelaksanaan lomba masak serba ikan, diungkapkan oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, dalam rangka untuk menggairahkan masyarakat agar gemar, senang dan cinta makan ikan. “Ini untuk menggalakkan, menggairahkan serta mensosialisasikan pada masyarakat untuk senang dan cinta makan ikan, dengan olahan-olahan yang tidak membosankan dan menarik. Sehingga, kecukupan gizi untuk menghadapi dan menurunkan angka stunting ini tersedia,” ungkapnya.

Ditambahkan Bupati Yuhronur, dengan dilaksanakannya lomba masak serba ikan, ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah serta memunculkan produk ikan baru di Lamongan. Yang mana, Lamongan ini merupakan pemasok ikan di Jawa Timur.

Baca juga:

“Supaya mempunyai nilai tambah, ikan diolah agar nilainya lebih banyak lagi. Perlu ada inisiatif dan kreatifitas untuk mengolah ikan ini sebagai hasil olahan yang bisa diserap pasar dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, dilaporkan Kepala Dinas Perikanan Lamongan, Yuli Wahyuono, bahwa tema lomba adalah ‘Ragam Kreasi Masakan Olahan Ikan Potensi Daerah untuk Menurunkan Angka Stunting’. Lomba ini diikuti oleh 82 peserta berasal dari DharmawanitaPersatuan OPD dan TP PKK Kecamatan Lamongan.

“Lomba ini dimaksudkan untuk menciptakan kreasi menu yang berbasis ikan dan mensosialisasikan gemar makan ikan untuk masyarakat Lamongan. Juga untuk menumbuhkembangkan ekonomi kreatif rumah tangga dan kelompok lain, dengan tujuan utama untuk salah satu penuntasan program stunting di Kabupaten Lamongan,” terang Yuli Wahyuono.

Adapun menu kreasi untuk Balita yang berhasil menjadi pemenang yakni La’Dori Cake hasil masakan dari Dinas PPPA dan Disperindag Lamongan. La’Dori Cake merupakan pancake yang didalamnya ditambahkan ikan patin. Bahan baku olahan ikan patin ini juga dianggap sangat kids friendly. Sehingga, aman dikonsumsi untuk camilan.

Cara membuatnya, pun terbilang cukup mudah. Resep pancake pada umumnya ditambah dengan ikan patin yang sudah dihaluskan dan sebelumnya telah direbus bersama kayu manis, cengkeh, juga jahe.

Selain itu dalam resep menu olahan untuk keluarga, resep olahan Bandeng Bejhek dari Perumda Aneka Usaha Lamongan Jaya dan Kecamatan Karangbinangun berhasil memperoleh juara pertama. Tidak hanya itu, Soto Lamongan yang identik dengan daging ayam, pun oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan bersama Bagian Tata Pemerintahan, berhasil dikreasikan menjadi soto bandeng berkoya lele, yang mana menu resep ini berhasil menjadi Juara 2 masakan untuk keluarga. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.