Connect with us

Pendidikan

45 Perguruan Tinggi Meriahkan Gelaran Event Education Fair Situbondo

Diterbitkan

||

45 Perguruan Tinggi Meriahkan Gelaran Event Education

Memontum Situbondo – Sedikitnya ada 45 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Se Jawa-Bali, turut menyemarakkan Event Education Fair (pameran pendidikan) yang digelar di GOR Baluran, Rabu (23/11/2022) tadi. Kegiatan sebagai ajang peningkatan kualitas pendidikan menuju Perguruan Tinggi, itu secara resmi dibuka Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dengan didampingi jajaran pengurus Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Situbondo. Turut hadir dalam pelaksanaan itu, Kepala SMA/SMK se-Situbondo serta Kepala Cabang Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Bondowoso-Situbondo serta ikut pimpinan MGBK Situbondo.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dalam sambutannya berharap bahwa gelaran Education Fair dapat dilaksanakan secara rutin. Karena, gelaran ini melibatkan siswa siswi SMA/SMK yang sudah memiliki perencanaan untuk memasuki pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan minat dan bakat mereka masing masing.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Paling tidak, sedini mungkin siswa siswi kita memiliki gambaran yang jelas dan pasti kemana mereka harus melangkah untuk memasuki jenjang ke Perguruan Tinggi,” terang Bupati Karna Suswandi.

Baca Juga :

Masih menurut Bupati Karna, bagaimanapun siswa menengah di Kabupaten Situbondo, harus mendapatkan restu dari orang tuanya saat memilih PTN dan PTS. Nah, dengan adanya Edufair (Education Fair) ini, akan terjalin komunikasi antara siswa dan orang tuanya masing masing.

Bupati Karna menambahkan, kegiatan ini sangat penting karena anak bisa menimbulkan minat yang dimiliki untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Dengan banyaknya minat, kita harapkan siswa siswi banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Sehingga, IPM kita akan meningkat. Ini karena rata-rata, lama sekolah kita berada diangka 13.6 persen dan ini masih rendah. Untuk itu ke depan, diharapkan rata rata lama sekolah bisa naik ke angka 16 persen. Apalagi, kita juga memiliki beasiswa Situbondo Cerdas, bagi kalangan siswa yang tidak mampu,” lanjut Bupati Karna.

Ketua Panitia Penyelenggara (perwakilan MGBK Situbondo), Muti’ah, mengatakan bahwa dalam kegiatan Edufair tahun 2022 ini, melibatkan sedikitnya 45 perguruan tinggi. Diantaranya, dari universitas, institut, politeknik dan sekolah penerbangan se Jawa dan Bali.

Kegiatan Edufair, imbuhnya, akan dilaksanakan selama dua hari dan kegiatan Edufair ini bisa memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik di Kabupaten Situbondo. “Dengan adanya IKM (implementasi kurikulum merdeka), siswa bisa mengaplikasikan dan bisa memadukan dengan harapan siswa bisa kritis dan mandiri,” papar Mutiah. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.