SEKITAR KITA

485 Orang yang Menggantungkan Hidup di Sektor Wisata Diberi Bantuan

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Pemkot Batu melalui Dinas Pariwisata Kota Batu, memberikan bantuan sosial tunai kepada 485 orang yang menggantungkan hidupnya di bidang industri pariwisata.

Bantuan yang diberikan itu, untuk Bulan Oktober hingga Desember, atau secara rapel. Sementara total bantuan yang diterimakan, setiap orang sebesar Rp 900 ribu.

Sejumlah pelaku wisata yang mendapatkan bantuan itu, diantaranya seperti pekerja hotel, restoran, destinasi, pelaku seni, pemandu wisata hingga pemilik homestay. Bantuan tersebut, sebagai bagian akibat dampak hantaman pandemi Covid-19.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, mengatakan bahwa bantuan tersebut diberikan, khususnya bagi pekerja yang terdampak. Sebelumnya, Dinas Pariwisata telah mengusulkan sejumlah penerima BST.

Advertisement

“Jadi ini hasil usulan beberapa OPD. Selain Dinas Pariwisata, ada juga usulan dari Dinas Perhubungan, Diskumdag dan lainnya,” katanya.

Dirinya berharap, bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk perekonomian keluarga masing-masing. “Jadi setiap bulannya masing-masing mendapatkan BST sebesar Rp 300 ribu,” lanjut Punjul.

Bantuan serupa, tambahnya, nantinya juga diusulkan oleh beberapa OPD lainnya di lingkungan Pemkot Batu.

Seperti Disdik Kota Batu, yang memprioritaskan bantuan untuk penjaga sekolah, kantin hingga petugas kebersihan.

Advertisement

Sementara Dishub Kota Batu, menyasar pada supir angkot sebanyak 300 orang. Kemudian, usulan dari Diskumdag ada 179 penerima diperuntukkan kepada pedagang pasar.

Ada juga Dinas Pertanian, terhadap 73 penerima seperti petani dan DPMPTSP dan Naker sebanyak 20 penerima kepada pekerja yang dirumahkan.

“Total ada 1113 penerima dengan total anggaran sekitar Rp 1 miliar yang telah disiapkan,” tambahnya.

Salah satu penerima bantuan, Febrianyoga, mengaku sangat bersyukur dan terima kasih, dengan adanya bantuan itu. Karena sejak pandemi, dirinya sudah tidak lagi bekerja di sektor pariwisata, karena sementara tidak beroperasi.

Advertisement

“Bantuan ini sangat meringankan beban finansial saya yang sempat terhenti karena pandemi,” ungkapnya. (cw2/sit)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas