SEKITAR KITA

Harkitnas Ke-115, Wabup Trenggalek Ajak Komponen Bangsa Sambut Indonesia Emas 2045

Diterbitkan

-

Harkitnas Ke-115
HARKITNAS: Suasana upacara Hari Peringatan Harkitnas Ke-115 di Alun-alun Trenggalek. (memontum.com/mil)

Memontum Trenggalek – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-115 tahun 2023, Wakil Bupati Trenggalek, Syah Natanegara, mengajak seluruh komponen bangsa sambut kebangkitan di era pasca pandemi Covid-19 menuju Indonesia Emas tahun 2045. Hal itu disampaikan, saat memimpin upacara peringatan Harkitnas di Alun-alun Trenggalek, Senin (22/05/2023) pagi.

“Mengutip perkataan dr Soetomo, bahwa generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan tanah airnya. Oleh karena itu, perlunya mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional dengan bekerja keras, bekerja cerdas demi kemandirian dan kemajuan bangsa,” kata Wabup Syah saat memimpin upacara Harkitnas.

Dengan terus mengobarkan semangat, sambungnya, dirinya ingin semangat Kebangkitan ini bisa menjadi lentera penerang harapan. Sekaligus, penunjuk jalan perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

“Saya ingin semangat di Hari Kebangkitan ini bisa menjadi penerang juga petunjuk jalan bagi mereka-mereka penerus bangsa,” imbuhnya.

Advertisement

Baca Juga :

Dikatakan Wabup Trenggalek, Badan kesehatan Dunia (WHO) telah mencabut status kedaruratan pandemi Global Covid-19. Selama kurang lebih 3 tahun terakhir bangsa ini dihadapkan pada kekurangan, tantangan dan masalah masalah pelik yang dihadapi bersama.

“Meskipun diuji secara beruntun, rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melakukan penanganan bersama Covid-19 dan juga dalam upaya pemulihan ekonomi. Ini memaknai momentum semangat Kebangkitan Nasional ke-115 untuk bangkit pasca Pandemi Covid-19,” tutur Wabup Syah.

Terkait dengan krisis ekonomi global yang dihadapi, mantan anggota DPRD Trenggalek, ini mengajak agar menghadapi situasi ini untuk dihadapi bersama. Dirinya juga mengajak seluruh elemen bangsa mau bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai persatuan dan kesatuan menuju kebangkitan.

Sesuai data BPS pertumbuhan ekonomi tahun 2022 tumbuh 5,31% (YOY) jauh meningkat dari pertumbuhan tahun 2021 sebesar 3,70%(YOY). Bahkan jauh melampaui pertumbuhan sebelum pandemi tahun 2019.

Advertisement

“Capaian capaian ini menurutnya patut untuk dipertahankan demi mencapai kesejahteraan bangsa,” tegasnya.

Kebangkitan nasional sendiri lahir ditandai dengan meleburnya gerakan kemerdekaan yang bersifat kedaerahan yang melebur menjadi satu dengan didirikannya Organisasi Boedi Uetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi ini melandaskan perjuangan bangsa untuk mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain. Dengan tiga tujuan utama yaitu memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kedepan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Saya juga kembali mengingatkan kobaran semangat di hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini untuk memaknai momentumnya Kebangkitan serta mengajak bangsa ini bangkit, berjuang, belajar dan tumbuh bersama,” papar Wabup Syah. (mil/sit)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas