Sidoarjo

Sidoarjo Terima Bantuan 1000 Bibit Bakau dari Kementerian Kelautan

Diterbitkan

-

TERIMA: Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menerima bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI berupa 1.000 bibit tanaman bakau pada acara Puncak Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2018 di Pasar Puspa Agro, Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

Memontum Sidoarjo—– Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI memberikan bantuan 1.000 bibit tanaman bakau untuk Kabupaten Sidoarjo pada acara Puncak Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2018 di Pasar Puspa Agro, Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Selasa (03/04/2018). Pemberian bibit bakau ini diserahkan langsung Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Rina kepada Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Bantuan tanaman bakau ini oleh Rina diharapakan akan menjadi perluasan hutan mangrove di Sidoarjo.

Alasannya, dengan banyaknya tanaman mangrove maka semakin cepat ikan berkembang biak lantaran mangrove akan menjadi tempat ikan-ikan bertelur.

“Dengan menanam bibit bakau maka hutan mangrove akan bertambah. Dengan begitu, ikan-ikan akan datang dan bertelur disitu. Selain itu, mangrove berfungsi untuk menjaga ekosistem laut agar ikan tidak semakin habis,” terang Rina kepada Memo X, Selasa (3/4/2018).

Advertisement

Menurutnya, KKP melalui Badan Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) berkomitmen untuk menjaga sumber daya kelautan yang ada. Baginya, BKIPM menjadi ujung tombak penjaga kedaulatan.

“Jika bibit diambil, siapa lagi yang akan bertelur, apa terumbu karang bisa bertelur lobster,” imbuh perempuan yang dilantik Maret 2016 menjadi Kepala Badan BKIPM oleh Menteri, Susi Pudjiastuti.

Oleh karenanya, Rina mengajak masyarakat untuk peduli dalam menjaga kualitas mutu ikan yang dihasilkan melalui karantina. Baik ikan tangkapan maupun ikan hasil dari budidaya. Tujuannya, membangun kepedulian dari berbagai golongan, KKP melalui BKIPM menyelenggarakan program GEMASATUKATA (Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina).

“Kepatuhan dan kepedulian yang tinggi terhadap pentingnya menjaga kesehatan ikan, keamanan hayati ikan, serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan dan penegakkan hukum dalam bingkai kedaulatan di wilayah NKRI,” tegasnya.

Advertisement

Sementara Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah berjanji akan memanfaatkan bibit bakau pemberian KKP itu. Apalagi, Sidoarjo merupakan daerah pesisir. Menurutnya penambahan hutan mangrove sangat diperlukan. Beberapa waktu lalu, Pemkab Sidoarjo bekerja sama dengan Pasukan Marinir (Pasmar 1) menanam ribuan bibit bakau di pesisir Kecamatan Sedati.

“Bantuan 1000 bibit tanaman bakau pemberian dari KKP ini akan segera ditanam di pesisir laut yang masih perlu ditambah hutan mangroove. Untuk pesisir laut di daerah Sedati sudah ditanami ribuan bibit bakau kerjasama dengan Pasmar 1,” tandasnya. (wan/nay)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas