Kota Batu

Pembangunan Berkelanjutan, Bahasan Inti Rakor Komwil IV Apeksi

Diterbitkan

-

Pembangunan Berkelanjutan, Bahasan Inti Rakor Komwil IV Apeksi

Memontum Kota Batu — Sustainable Development Goals (SDG’S) menjadi pembahasan penting dalam acara utama APEKSI Korwil IV ke-14 Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah IV Apeksi yang dilaksanakan di Hall A, Singhasari Resort Kota Batu hari ini, Rabu (18/4/2018).

SDG’S adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, kualitas lingkungan hidup dan pembangunan yang menjamin keadilan juga terlaksananya tata kelola pemerintahan yang baik.

Menurut Ir. H. Abdul Hamid Asisten Administrasi Umum Pemprov Jatim menerangkan Apeksi adalah instrumen komunikasi seluruh peserta secara bersama, bagaimana meningkatkan sinergitas menjadi simbiosis mutualisme antar kota diwilayah IV.

” Misalnya dalam sektor perdagangan Kota Batu dengan Kota Kupang, apa yang dibutuhkan Kupang misalnya hal ini bisa dikomunikasikan dengan baik, saling melengkapi,” ungkap Abdul Hamid kepada media.

Advertisement

Beberapa hal yang dibahas adalah jaminan kesehatan nasional yang telah mencakup lebih kurang 172 juta jiwa atau 66,4 persen dari seluruh penduduk pada 2016. Peserta Apeksi wajib menindaklanjuti SDG’S. Tindak lanjut pertama yaitu pembentukan tim kordinasi TPBSDG’S tingkat Provinsi berdasarkan Pergub.

Kedua, pemetaan integrasi target indikator TPBSDG’S yang dimuat dalam Rencana Aksi Nasional (RAN) ke dalam RPJMD (daerah yang sudah memiliki RPJMDJ). Ketiga, integrasi target indikator TPBSDG’S kedalam RPJMD (daerah yg akan menyusun RPJMD). Empat, alokasi program anggaran pembangunan daerah selaras dengan TPBSDG’S.

Kelima, kerjasama antar Pemda, termasuk penyusunan pelaksanaan RAD-TPBSDG’S tingkat provinsi bersama kab/kota. Enam, peningkatan kapasitas serta keterlibatan Pemda stake-holders dalam pelaksanaan TPBSDGs di daerah. Tujuh, pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan SDG’S yang telah disepakati dalam sidang umum PBB pada September 2015 yang terdiri dari 17 tujuan, 169 target dan 241 indikator.

Advertisement

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas