Sidoarjo

Bupati Sidoarjo : Jangan Jual Mamin Casing Rusak dan Kadaluarsa

Diterbitkan

-

Bupati Sidoarjo Jangan Jual Mamin Casing Rusak dan Kadaluarsa

Memontum Sidoarjo – Bupati Sidoarjo, Saiful Illah meminta seluruh toko, mini market, swalayan dan pasar modern agar tidak menjual makanan dan minuman (mamin) yang casing (pembungkus)nya rusak dan memasuki masa kadaluarsa. Bahkan untuk yang mendekati masa kaduarsa agar segera ditarik dari display toko.

Hal itu seperti saat sidak di Hipermart Lippo Plaza. Bupati meminta manajer toko swalayan ini menarik makanan sosis lantaran sudah hampir habis pada bulan Juni 2018 ini.

“Memang setiap mau lebaran saya mengecek seluruh swalayan. Melihat makanan kadaluarsa apa tidak, paking atau casingnya rusak atau tidak, kalau casing rusak tak boleh dijual. Begitu juga masa kadaluarsa mepet juga saya suruh ambil semua. Seperti sosis tadi saya suruh ambil,” terang Saiful Ilah kepada Memontum.com, Selasa (5/6/2018).

Kendati demikian, selama sidak di swalayan Lippo Plaza maupun Sun City tidak ada temuan menonjol. Bagi Saiful makanan yang pembungkusnya rusak cemet atau pesok pun diminta untuk ditarik dari display dan peredaran.

Advertisement

“Kalau pembeli mendapatkan paking rusak dan kadaluarsa jangan dibawa pulang. Langsung dikembalikan saja,” imbuhnya saat memimpin Sidak Mamin bersama OPD Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Sidoarjo.

Sementara Manajer Toko Hipermart, Mardi S mengaku sudah memeriksa setiap barang yang datang. Bahkan saat didisplay juga diperiksa. Apalagi suplyernya semua baru semuanya.

“Kalau didisplay itu bisa diretur. Kalau sosis cepat sebulan atau 2 minggu tak masalah. Yang ditarik tadi masih kadaluarsanya 21 Juni 2018 sebenarnya tak masalah,” katanya.

Sementara Kepala Dinkes Pemkab Sidoarjo, dr Ika Harnasti menegaskan ada 12 titik sidak mamin. Hasilnya selalu ada temua. ”Termasuk sidak kemarin ada temuannya. Itu bagian dari pembinaan kami,” tandasnya. (wan/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas