Surabaya

Surabaya Bagian Tuan Rumah Sepeda Nusantara

Diterbitkan

-

Memontum Surabaya—-Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bakal menggelar Sepeda Nusantara, di Surabaya, Minggu (28/10/2018) mendatang. Selain di Kota Pahlawan, ada 70 kota dan kabupaten di 31 provinsi di Indonesia yang juga menghelat agenda yang sama. Arief Setia Purwanto selaku Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Dispora Surabaya mengatakan, acara Sepeda Nusantara merupakan kegiatan bersepeda santai. Kegiatan ini, dilaksanakan di berbagai kabupaten dan kota di Indonesia dengan tujuan untuk mendorong minat masyarakat berolahraga, khususnya menggunakan sepeda.

“Jadi konsepnya sepeda santai. Nanti dari pihak Kemenpora sendiri akan menilai di berbagai daerah terkait penyelenggaraan sepeda Nusantara ini. Mungkin dari cara pengemasan atau kemeriahan acara,” kata Arief, Selasa (23/10/2018).

Pelaksanaan tahun ini sama dengan tahun kemarin. Dengan memulai start di Jalan Wijaya Kusuma. Sementara untuk rute, dimulai dari Jalan Wijaya Kusuma – Wali Kota Mustajab – Jalan Pemuda – Panglima Sudirman – Urip Sumoharjo – Dr. Soetomo (polisi istimewa) – Indragiri – Mayjend Sungkono – Taman Makam Pahlawan belok ke kiri melalui Villa Bukit Mas – Gunungsari – Kebun Binatang Surabaya (KBS) – Diponegoro – Pasar Kembang – Kedungdoro – Praban – Genteng Kali – Ngemplak dan finish di Jalan Wijaya Kusuma.

“Acara akan dimulai pada pukul 06.00 WIB. Dengan jarak tempuh sekitar 22 – 25 kilometer,” terangnya.

Advertisement

Pada pelaksanaan acara Sepeda Nusantara ini, Dinas Kegiatan Sepeda Nusantara yang digelar di Surabaya bakal dimeriahkan dengan berbagai acara menarik lain. Seperti senam bersama dan berbagai games menarik, bahkan, panitia telah menyediakan berbagai hadiah, untuk menarik minat peserta.

Sejumlah dua unit kulkas, 10 voucer wisata, dua unit sepeda motor, dua unit TV LED, tiga unit sepeda MTB dan sebagainya menjadi hadiah yang akan dibawa oleh para peserta yang bejo mendapatkannya. Arief juga mengaku telah menggandeng pihak ketiga untuk meramaikan event tersebut.

“Untuk hadiah utama kami menyediakan satu unit mobil. Dan akan dilakukan pengundian pada saat acara. Saat ini, jumlah peserta sudah mencapai sekitar 2000 orang,” jelasnya.

Kepemudaan dan Olahraga Kota Surabaya turut menggandeng pihak keamanan juga kesehatan. Bertujuan untuk menghindari kejadian-kejadian yang tak diinginkan, demi kelancaran kegiatan hingga akhir acara.

Advertisement

“Polrestabes, Polsek setempat, kemudian Satpol PP dan Linmas akan mengamankan. Kita minta untuk masing-masing satu unit untuk sweepernya. Kalau ada yang tercecer itu dari Dinas Kesehatan kita minta mobil ambulans yang mobile,” ujar Arief.

Seperti biasa jika terdapat kegiatan acara besar yang melewati sepanjang jalan akan dilakukan penjagaan oleh beberapa petugas, juga panitia yang turut dalam event. Arief mengharapkan untuk masyarakat juga ikut ambil dalam bagian ini, guna meramaikan kegiatan Sepeda Nusantara tersebut.

Arif juga mengungkapkan dan mengharapkan dengan adanya event Sepeda Nusantara ini, benar memberikan efek tersendiri di tengah masyarakat. Ini sebagai bentuk kehadiran negara untuk mendorong warganya agar tetap hidup sehat dengan bersepeda.

“Di situ kita bebas mau pakai sepeda apa saja monggoh. Peserta juga boleh berasal dari luar kota, kami juga tidak membatasi usia peserta. Intinya acara ini untuk berolahraga dan mempererat tali persaudaraan,” imbuhnya.

Advertisement

Untuk masyarakat Surabaya yang berminat bisa ambil bagian menjadi peserta Sepeda Nusantara. Untuk bisa mendapatkan tiket box yang telah disediakan oleh pihak panitia di beberapa lokasi. Di antaranya, Toko Sinar Baru Jalan Walikota Mustajab Surabaya, Toko Rejo Agung Jalan Wijaya Kusuma, Toko Sinar Terang Jalan Gubernur Suryo dan Jalan Jati Sari Pepelegi Waru Sidoarjo dengan harga 30 ribu.

Joko Suprianto selaku Pelaksana tugas (PLT) Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya menyampaikan, bahwa pihaknya bersama kepolisian akan membantu dalam pengaturan arus lalu lintas. Menurutnya, terdapat sekitar 40 titik persimpangan jalan yang akan dilalui para peserta.

“Kami bersama Kepolisian akan membantu pengamanan di 40 titik persimpangan. Untuk menjaga dan mengendalikan arus lainnya,” ujar Joko.

Untuk area parkir senndiri, Dishub Surabaya sudah menyiapkan beberapa titik lokasi parkir bagi para peserta. Yakni di Jalan Sedap Malam, Jimerto, dan Wijaya Kusuma. Bahkan jika kurang, Dishub akan menambah titik lokasi parkir kendaraan, di Jalan Slamet Surabaya. (est/ano/yan)

Advertisement

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas