Lumajang

Gronjong Penahan Air DAM Gambiran Lumajang Ambrol

Diterbitkan

-

Memontum Lumajang –Menyikapi jebolnya tanggul gronjong sebelah timur DAM Gambiran Kepala Dinas PUTR Kabupaten Lumajang Ir. R. Hadi Prayitno MT, menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan PSDA Propinsi dan akan segera melakukan perbaikan. DAM Gambiran mengalami kerusakan pasca diterjang air, akibatnya air meluap hingga ke pemukiman warga.
Padahal beberapa bulan lalu baru selesai dilakukan perbaikan, di duga ada kesalahan pada proses pembangunan proyek tersebut.

“Kita sudah berkoordinasi dengan PSDA Propinsi, mulai hari ini teman – teman dari PSDA dibantu sama dinas PU akan mulai mengadakan perbaikan” kata Hadi.

Hadi juga menyampaikan paling lambat dalam dua hari ini PSDA Propinsi sudah mendatangkan alat untuk perbaikan.
“Ini bangunan 2017, kita bagi tugas, teman – teman PSDA propinsi yang memperbaiki geronjongnya, yang DAM nya dinas PU, yang jebol ini gronjongnya, jadi gini di propinsi jawa timur sudah dilaporin oleh teman – teman Pemda ke pak gubernur, mungkin ada penanganan darurat tentang gronjong yang sudah tergerus” jelasnya.

Sementara itu Kasie Pemeliharaan DPUPR Provinsi Jatim, Prabowo menyampaikan bahwa pihaknya sudah pernah menyarankan untuk gronjong sebaiknya diberi penahan cor atau mantel karena tanpa mantel gronjong akan cepat rusak.

Advertisement

“Saya sudah menyarankan agar gronjong diberi penahan cor atau mantel agar tidak cepat rusak dan lebih kuat, tetapi hal itu tidak dilaksanakan” tegasnya via telepon, Selasa (6/11/2018).

Karena kewenangan pelaksanaan saat itu ditangani Pemkab Lumajang, pihaknya mengaku tidak dapat ikut campur terlalu jauh. “Boleh dicek dan konfirmasi ke pihak terkait di Pemkab,” Tuturnya sembari menutup telp”.(adi/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas