Lumajang

Lumajang Raih Juara Umum Piala Presiden dalam Kontes Ikan Koi

Diterbitkan

-

Memontum Lumajang –Piala Presiden diraih satu – satunya komunitas penggemar ikan koi di kabupaten lumajang jawa timur, Prestasi tersebut di dapatkan saat LKC yang merupakan komunitas binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Kab Lumajang mengikuti perlombaan atau kontes ikan hias di Blitar pada 16 – 18 November 2018 lalu.

Perlombaan yang saat itu bertajuk ‘Blitar koi Show’ menjadikan kabupaten Lumajang di kenal seantero nusantara pasalnya Lumajang Koi Clup(LKC) telah menyabet gelar juara umum pada perlombaan tersebut.

Dinas Perikanan Dan Kelautan Kabupaten Lumajang melalui Kepala Bidang Budidaya, Nurman, Minggu (9/12/2018) membenarkan bahwa perwakilan Lumajang yang mengikuti kontes ikan hias jenis koi di Blitar beberapa waktu yang lalu telah meraih Piala Presiden dan itu sangat membanggakan bagi lumajang yang merupakan hasil binaannya.

“Kita melakukan pembinaan sudah 2 tahun yang lalu dan tahun ini merupakan puncaknya, jadi temen – temen binaan kita di Lumajang ini sudah pernah mengikuti beberapa event, pernah ikut di Batu, Pasuruan dan di beberapa daerah, di Banyuwangi juga pernah menyabet juara umum saat itu kontes Koi se JATIM dan terakhir kemarin di Blitar menyabet juara umum Piala Presiden”. terang Nurman dengan bangga.

Advertisement

Kepala Bidang Budidaya ini menjelaskan bahwa di Lumajang untuk ikan hias merupakan komoditi yang baru di perkenalkan kemasyarakat karena sebelumnya hanya konsen di ikan konsumsi, karena melihat perkembangan dan potensi yang ada pihaknya mulai bergerak di ikan hias.

“Jadi gini ikan hias di lumajang itu bisa di bilang adalah komoditas yang baru yah, baru kita perkenalkan ke masyarakat, selama ini kita memang konsen ke ikan konsumsi, melihat perkembangan dan potensi yang ada kita mulai bergerak ke ikan hias itu, kenapa, potensi perikanan kabupaten lumajang terutama sumberdaya airnya itu masih di atas kabupaten lainnya, seperti blitar itu kualitas air, sumberdaya air masih kalah dengan lumajang, ini yang memacu kita untuk mengembangkan ikan hias di kabupaten lumajang” kata Nurman.

Di jelaskannya, Ikan hias itu banyak sekali variannya di antaranya ikan koi, ikan koki, ikan komet juga Ikan cupang dan banyak lagi, kebetulan yang di ikuti selama ini kontes ikan koi, sementara banyak event – event lainnya.”Untuk komoditas yang lain kontes komoditas ikan cupang, kontes ikan komet, kita belum mengikuti, kita masih ikut kontes ikan koi ya alhamdulillah kita mendapat Juara” jelasnya.

“Selama ini kita hanya melakukan pembinaan dan pendampingan mas, yaitu bagaimana tentang berbudidaya ikan koi yang baik, baru untuk tahun depan kita mau mencoba untuk memberikan sentuhan berupa bantuan induk, buat teman – teman itu, pembinaan yang kita lakukan adalah dengan bagaimana memilihkan koi sesuai dengan kriteria, koi ini kan macam – macam jenisnya” Imbuhnya.(adi/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas