Hukum & Kriminal

Antisipasi Hoaks di Tahun Politik, Polres Probolinggo Gandeng Media untuk Sinergi Tangkal Hoaks

Diterbitkan

-

Memontum Probolinggo – Polres Probolinggo menggandeng awak media di Probinggo untuk mengantisipasi informasi hoaks di tahun politik Pemilu tahun 2024 mendatang.

Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana, dalam kesempatan itu mengajak awak media Pokja Jurnalis Kraksaan Kabupaten Probolinggo, yang dikemas dalam ‘Ngopi bareng’ awak media yang tergabung dalam Forum Mitra Polres Probolinggo. Dirinya pun menjelaskan, bahwa antisipasi hoaks di tahun politik, harus dilakukan.

Kapolres Wisnu menambahkan, bahwa pihaknya juga akan menggelar sosialisasi pengaturan literasi digital dengan menggandeng beberapa stake holder dan organisasi kemahasiswaan serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). “Hoaks sangat berbahaya. Menjelang Pemilu, biasanya hoaks akan muncul. Kami menggandeng rekan-rekan media untuk bersama-sama memerangi informasi hoaks,” ujarnya, Kamis (24/08/2023) tadi.

Baca juga :

Advertisement

Dirinya juga mengapresiasi awak media, bahwa selama gelaran berlangsung juga banyak mendapat masukan yang bermanfaat untuk pihak kepolisian. “Terima kasih banyak rekan-rekan media. Masukan memang perlu, karena yang memahami secara langsung di lapangan adalah pelaku lapangan sendiri seperti rekan media,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Forum Mitra Media Polres Probolinggo, Ahmad Faisol, menegaskan bahwa hoaks perlu diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Hoaks sering muncul di media sosial dan berpotensi memecah belah masyarakat.

“Berita di media massa menjadi rujukan informasi bagi masyarakat, karena melalui proses jurnalistik, konfirmasi, klarifikasi dan cover both side. Kami siap bersinergi dengan Polres Probolinggo, dalam menangkal dan memerangi hoaks,” kata Faisol. (nun/pix)

Advertisement

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas