Kediri

Beri Beasiswa S1 untuk Guru PAUD Kediri, Mas Dhito Minta Agar Guru Tidak Pilih Kasih dalam Mendidik

Diterbitkan

-

Beri Beasiswa S1 untuk Guru PAUD Kediri, Mas Dhito Minta Agar Guru Tidak Pilih Kasih dalam Mendidik

Memontum Kediri – Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, meminta kepada seluruh guru PAUD se-Kabupaten Kediri untuk tidak pilih kasih dalam mendidik anak. Selain itu, pihaknya melalui Pemkab juga memberikan beasiswa Strata Satu (S1) bagi guru-guru tersebut.

Hal ini disampaikan Mas Dhito-sapaan bupati, saat menyapa ribuan guru PAUD dan TK, yang sedang menjalani pelatihan sekolah ramah anak di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Rabu (31/05/2023) tadi. Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Kediri, juga mengaku sering memperhatikan pendidikan setingkat PAUD. Itu karena, anak pertamanya, Shanaya, juga sedang bersekolah di salah satu PAUD yang ada di Kecamatan Ngasem.

“Ini yang harus diperhatikan ya, Ibu. Bahwa mendidik itu tidak boleh pilih kasih,” ujar Mas Dhito.

Dikatakan Bupati Kediri, bahwa sumber daya manusia gurunya harus diupgrade, sehingga kompetensi guru dapat meningkat. Dalam pelatihan tersebut, Mas Dhito meminta apa yang didapatkan guru PAUD, agar dapat disampaikan kepada para siswa secara maksimal untuk menghasilkan anak didik yang berkarakter.

Advertisement

“Harus ada outcomenya. Hasilnya apa bagi murid, jangan hanya pelatihan ini bisa menghasilkan kompetensi bagi guru, tetapi tidak bisa dibagikan kepada murid-murid,” kata bupati muda berusia 30 tahun itu.

Baca juga :

Selain memberi program pelatihan dan diklat, bupati yang gemar bervespa tersebut juga memberikan beasiswa S1 bagi guru PAUD yang telah mengabdi lebih dari sepuluh tahun.

Hasilnya, ada lima guru yang mendapatkan beasiswa tersebut. “Yang mau (melanjutkan, red) sekolah, yang sudah belasan tahun (menjadi guru PAUD),” kata Mas Dhito.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Mokhamat Muhsin, mengatakan bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mensyaratkan kualifikasi izasah guru Strata Satu (S1) PAUD atau Psikologi Anak. Untuk yang belum S1, dapat menjalani diklat dasar, mahir, maupun lanjut. “kita adakan pelatihan berjenjang,” terangnya.

Lebih lanjut Muhsin menjelaskan, program beasiswa S1 dari Mas Dhito, itu diperuntukkan bagi guru yang telah menempuh minimal semester 5 di S1-nya. “Mas Bup (Mas Dhito) ada program beasiswa guru PAUD setelah semester lima. Setiap guru mendapatkan Rp 5 juta pertahun,” terangnya. (kom/pan/sit)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas