Pendidikan

Pemkab Trenggalek dan UIN Satu Tulungagung Tandatangani Kerja Sama Pendirian Saintek Kampus

Diterbitkan

-

Pemkab Trenggalek dan UIN Satu Tulungagung Tandatangani Kerja Sama Pendirian Saintek Kampus
MoU: Penandatanganan kerja sama Pemkab Trenggalek dengan UIN Satu Tulungagung di Pendopo Manggala Praja Nugraha. (memontum.com/mil)

Memontum Trenggalek – Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, Prof Dr Maftukhin M Ag di pendopo Manggala Praja Nugraha. Salah satu bahasan dalam pertemuan yang turut disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek Samsul Anam, yaitu membicarakan terkait kerja sama science technopark dan pendirian kampus di Kabupaten Trenggalek.

Bupati Arifin dalam kesempatan itu juga sempat meminta doa dari seluruh masyarakat agar penjajakan kerja sama dengan UIN Satu ini bisa terwujud segera. Karena, nota kerja sama pengembangan science technopark telah disepakati kedua belah pihak yang diharapkan ini berlanjut kepada pendirian kampus di area perkebunan Dilem Wilis di Kecamatan Bendungan.

“Doanya seluruh masyarakat. Tadi kami bersama UIN Satu membicarakan banyak terkait kampus saintek. Semoga nanti bisa terwujud di Kabupaten Trenggalek. Dengan begitu, Trenggalek punya kampus saintek yang didalamnya nanti punya kampus kedokteran,” kata Bupati Arifin, Rabu (31/05/2023) siang.

Selain itu, kerja sama yang ada di Perpres 80 sience technopark, nanti akan fokus ke eco agrotourism. Di sana juga ingin dijajaki untuk dikerjasamakan.

Advertisement

Baca juga:

“Tetapi kita juga belum bisa berbicara banyak, karena sudah banyak yang melakukan penjajakan. Tetapi kita ingin yang ini speednya bisa lebih cepat, karena kita sama-sama serius. Makanya, saya minta seluruh doa seluruh masyarakat Trenggalek, semoga ini bisa segera terwujud,” imbuhnya.

Meski sudah melakukan penandatanganan kerja sama, tapi masih secara umum yang tadi juga dihadiri oleh Ketua DPRD Trenggalek dan nanti akan ada proses yang berkelanjutan. Apakah nanti ada persetujuan DPRD atau tidak.

“Akan tetapi, saya meminta dukungan seluruh masyarakat, semoga cita-cita untuk meningkatkan IPM Trenggalek dengan menciptakan kampus yang ada di Trenggalek dan peningkatan ekonomi bisa terlaksana,” papar Mas Ipin-sapaan akrabnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, Prof Dr Maftukhin, membenarkan terkait dengan pembicaraan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Menurutnya, kerja sama yang dilakukan dalam rangka pengembangan di lahan-lahan yang bisa dikerjakan bersama-sama, antara kampus dengan pemerintah daerah.

Advertisement

“Jadi, kampus itu wilayah akademik. Sedangkan pemerintah daerah, terkait dengan pengembangan SDM, kebudayaan alam dan yang lainnya,” tuturnya.

Harapannya, kata Rektor UIN Satu ini adalah agar Trenggalek bisa meningkatkan beberapa sektor, seperti halnya sumberdaya dan perekonomian. Sementara untuk kampus, ini salah satu wilayah untuk laboratorium kampus. Baik laboratorium wisata, biologi, kimia dan laboratorium-laboratorium lainnya.

“Nanti juga akan kita gunakan sebagai tempat untuk fakultas sience technopark kami. Ada proses hibah yang diberikan oleh Pemkab Trenggalek ke kami, yang itu nanti khususnya akan dijadikan kampus saintek. Ada pertanian, ekonomi, agrobisnis dan mungkin nanti ada suatu saat akan kita buka kedokterannya, untuk kesehatan. Untuk kerja sama dalam bidang kerja sama. Juga bidang penelitian dan bidang pengembangan SDM serta pengabdian masyarakat sesuai tugas fungsi kami di lembaga pendidikan,” paparnya. (mil/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas