Kota Malang

Beri Kemudahan Pembaca, Pemkot Malang Tambah Titik Baca Digital

Diterbitkan

-

LOKASI: Titik Baca Digital yang ada di Alun-Alun Merdeka Kota Malang. (ist)

Memontum Kota Malang – Titik baca digital yang telah diluncurkan oleh Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang pada tahun 2022 lalu, kini telah berkembang di beberapa tempat umum yang ada di Kota Malang. Diantaranya, seperti di Alun-Alun Merdeka Kota Malang, Malang Creative Center (MCC), Mal Pelayanan Publik (MPP), Gazebo Balai Kota Malang dan Perpustakaan Umum Kota Malang.

Kepala Dispussipda Kota Malang, Yayuk Hermiati, menyampaikan bahwa titik baca digital tersebut menjadi salah satu inovasi, agar masyarakat mendapatkan kemudahan akses bacaan di era digital saat ini. “Kami punya tugas untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Dengan adanya titik baca digital ini, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk bisa membaca tanpa harus membawa buku secara fisik, namun bisa membaca lewat HP atau tabletnya masing-masing,” ujar Yayuk, Kamis (08/02/2024) tadi.

Baca juga :

Kemudian, dikatakannya jika titik baca digital tersebut tentunya juga untuk mendukung Kota Malang sebagai kota smart city. Dalam titik baca tersebut, tersedia sebanyak 250 judul dengan genre atau subyek umum dari berbagai penerbit. Selain itu juga ada 1.000 judul buku digital dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Advertisement

“Untuk koleksi di setiap titiknya itu berbeda-beda. Kita juga bekerja sama dengan PT Kubuku dan PT Media Digido Nusantara, untuk pusat baca yang dari Digido inj berisi 62 judul buku digital dengan genre atau subyek umum yang berasal dari penerbit-penerbit lokal Kota Malang,” katanya.

Sebagai informasi, untuk cara kerja titik baca digital ini cukup mudah, yakni masyarakat hanya perlu memindai QR Code yang tersedia. Lalu akan muncul berbagai koleksi buku digital yang bisa dipilih dan dibaca dengan radius 100 meter dari posisi tugu Titik Baca Digital tersebut. (rsy/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas