Pemerintahan

Bupati Fauzi Buka Gelaran Akbar Bertema Madura Culture Festival dari Sumenep untuk Internasional

Diterbitkan

-

Memontum Sumenep – Kabupaten Sumenep selama sepekan ke depan bakal jadi pusat perhatian masyarakat lokal hingga internasional. Itu karena, selama sepekan ke depan berbagai even akbar akan dilangsungkan berbagai gelaran yang dikemas dalam ‘Madura Culture Festival’.

Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-78, gema even wisata menggaung kemana-mana. Perencanaan ini, telah disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dengan mensiapkan even-even untuk menghidupkan Kota Keris.

Di bawah kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi, gelaran even-even spektakuler bakal disajikan selama sepekan ke depan. Bupati Fauzi ingin memastikan Sumenep lebih hidup, bangkit dan lebih semarak.

“Saya ingin memastikan dan mengenalkan kekayaan seni, budaya dan pariwisata Sumenep kepada dunia. Potensi seni, budaya dan pariwisata Sumenep akan terus digencarkan lewat promosi dan menghelat even-even akbar. Sengaja saya kemas dengan Madura Culture Festival,” kata Bupati Fauzi, Sabtu (26/08/2023) tadi.

Advertisement

Politisi PDI-Perjuangan Sumenep ini diharapkan, sektor-sektor ekonomi kerakyatan bergerak dan peningkatan ekonomi masyarakat terus menggeliat. Baik melalui pameran, kontes, festival dan perhelatan even-even akbar lainnya dengan menggencarkan promosi seni, budaya dan pariwisata.

“Kalau even-even spektaluler digelar, kekayaan seni, budaya dan pariwisata Sumenep bakal dikenal berbagai daerah di Indonesia. Bahkan targetnya wisatawan mancanegara akan berdatangan ke Sumenep,” beber bupati yang gadang-gadang sebagai Bakal Calon Gubernur atau Wakil Gubernur 2024 ini.

Baca juga :

Bahkan, kata Bupati Fauzi, jika kota Sumenep makin hidup dan kekayaan lokal kita diakui dunia, akan diiringi dengan masuknya investasi besar seperti pembangunan hotel, pabrik, bisnis tambak, kampus pendidikan dan sentra-sentra bisnis UMKM lain. Ujung-ujungnya lagi-lagi rakyat yang akan menikmati kemakmuran itu pada akhirnya.

Advertisement

“Ayo kita dukung program dan segala kebijakan pemerintah yang produktif untuk membangun dan mamajukan Sumenep. Kita hanya ingin memberikan pengabdian yang tulus kepada masyarakat. Bahkan kita ingin mempersembahkan kemajuan serta kejayaan pada masyarakat,” terangnya.

Untuk merealisasikan visi-misi, Bupati Fauzi lantas menunjuk Disbudporapar Sumenep selaku leading sektornya. Berbagai program dan inovasi kebijakan bupati akhirnya direalisasikan oleh OPD Disbudlorapar dengan menggandeng salah satu Even Organizer (EO).

Kadisbudporapar Sumenep, Moh Iksan, lantas menguraikan berbagai even selama sepekan kedepan yang dikemas dengan Madura Culture Festival (Festival Kebudayaan Madura) mulai dari 26 Agustus sampai 2 September 2023. Adapun rangkaian even tersebut meliputi senam massal, penampilan seni budaya dari Kabupaten di Tapal Kuda Jawa Timur, penampilan 9 band lokal dan 4 group musik tong tong plus dekorasinya pada 26 Agustis 2023.

Sedangkan pada 27 Agustus 2023 juga digelar ‘Sumenep Batik Festival’, yang meliputi JJS Kemerdekaan, penyisihan Sumenep Batik Festival dan Grand Show Sumenep Batik Festival. Di puncak acara digelar even Pasar Malam dan Festival 1000 UMKM. Itu meliputi Festival Tong Tong Serek (28 Agustus), Festival Drum Bad Pelajar (29 Agustus), Dangdut Karaoke Challenge (30 Agustus), Dangdut Challenge (31 Agustus), Pop Karaoke Challenge (1 September), dan Konser Dangdut Lokal (2 September) 2023. (edo/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas