Wisata

Daftar Destinasi Wisata Alam Menawan nan Cantik di Bojonegoro

Diterbitkan

-

Memontum Bojonegoro – Kabupaten Bojonegoro menyimpan sejumlah destinasi wisata alam yang memukau. Tidak hanya destinasi wisata air yang sangat sejuk dan menarik, namun juga ada wisata alam yang indah dan cocok untuk dikunjungi. Apa saja lokasi itu, berikut rekomendasi versi Memontum.com.

1. Negeri di Atas Angin.

Destinasi alam ini terletak di Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Mendengar namanya, pasti terbayang dengan ketinggian dan pemandangan alam yang mempesona.

Dari ketinggian sekitar 853 mdpl, pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam. Berada di tengah kawasan hutan jati dan konon katanya sudah ada sejak zaman Mataram Hindu.

Advertisement

Bahkan, pengunjung bisa juga camping di Bukit Cinta, yang menjadi destinasi wisata di unggulan. Wisata Negeri di Atas Angin ini memang banyak digunakan sebagai tempat untuk foto prewedding dan flying fox.

Untuk menuju ke sana, pengunjung tidak perlu khawatir, karena jalan menuju lokasi obyek wisata sangat mendukung. Dengan baiknya akses jalan, tentunya wisatawan bisa dengan mudah untuk mencapai

Dengan berada di atas bukit, pengunjung akan menikmati suasana alam yang indah serta hening dan bahkan jauh dari yang namanya kebisingan kota. Serta, menikmati cantiknya sunrise maupun sunset. Deretan pegunungan akan dapat disaksikan tampil pula Gunung Kembar yakni Gunung Lawang dan Gunung Kendil.

2. Air Terjun Kedung Maor.

Advertisement

Kedung Maor terletak di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro. Air Terjun Kedung Maor sendiri merupakan air terjun yang berasal dari aliran Kali Soko dan limpahan dari Waduk Pacal.

Di lokasi ini, terdapat air terjun dan fosil jejak. Menurut penilai geopark internasional, Kedung Maor memiliki nilai situs geoheritage yang tinggi.

Nama Kedung Maor sendiri diambil dari suara deru air yang meraung seperti suara hewan buas. Oleh sebab itu, warga sekitar sejak dahulu menyebutnya dengan sebutan Kedung Maor. Kedung Maor dapat ditempuh dengan jarak sekitar 35 km dari pusat kota.

Wisata ini, sangat cocok untuk dikunjungi di libur akhir pekan. Spot anti mainstream nan damai yang akan membuat merasa refreshed dari rasa penat dari suasana perkotaan yang bising dengan lalu lalang kendaraan.

Advertisement

Di lokasi ini pula, wisatawan bisa menemukan spot-spot yang asyik untuk diabadikan menjadi suasana keindahan dalam bingkai fotografi.

Baca juga :

3. Air Terjun Krondonan.

Lokasinya di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro. Air Terjun Krondonan menjadi salah satu obyek wisata alam di Bojonegoro, yang wajib dikunjungi.

Pemandangan alamnya yang berupa tebing bebatuan berwarna putih, memikat banyak hati para pengunjungnya. Tidak heran, jika apabila banyak wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi tempat ini.

Advertisement

4. Air Terjun Kedung Gupit.

Lokasinya di Dusun Gayam, Desa Klino, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Keberadaan Air Terjun Kedung Gupit di selatan kota ini menawarkan pemandangan yang indah dan cocok untuk berfoto-foto bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, obyek wisata Bojonegoro ini pun dianggap memberi kesan privat karena tidak banyak terjamah oleh banyak orang.

Air Terjun Kedung Gupit juga sering di sebut sebagai Air Terjun Krondonan oleh warga sekitar. Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Kedung Gupit, dari pusat Kota Bojonegoro bisa menempuh perjalanan darat sekitar 2 sampai 3 jam, dengan jarak tempuh sekitar 50 km.

Disarankan oleh warga, apabila berniat mengunjungi air terjun tersebut, tentunya tidak saat hujan deras. Karena, kondisi airnya bisa sangat deras.

Advertisement

5. Wisata Embung Sidobandung.

Wisata Embung Sidobandung merupakan objek wisata baru di Kabupaten Bojonegoro. Objek wisata air ini menawarkan pemandangan alam dan beragam wahana permainan menarik. Objek Wisata Embung Sidobandung ini masih tergolong baru dan dalam tahap pembangunan. Kedepannya, kawasan wisata ini akan dibangun beberapa wahana serta fasilitas. Seperti dibangun cafe, pendopo pertemuan, kebun binatang mini, area pemancingan dan lainnya.

Beberapa wahana yang tersedia saat ini diantaranya bebek air, sepeda air, memberi makan ikan ribuan ikan di embung tersebut. Pengunjung juga bisa berkeliling kawasan wisata dengan menaiki motor ATV. (gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas