Connect with us

Pemerintahan

Hadiri Khitan Ceria Spesial ABK, Wali Kota Habib Hadi Apresiasi Kepedulian dan Keikhlasan Y-AMI

Diterbitkan

||

Hadiri Khitan Ceria Spesial ABK, Wali Kota Habib Hadi Apresiasi Kepedulian dan Keikhlasan Y-AMI

Memontum Probolinggo – Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI) menyelenggarakan Khitan Ceria Spesial Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Minggu (18/09/2022) tadi. Khitanan massal ini, digelar di sekolah luar biasa (SLB) Sinar Harapan 2, Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Bergerak di sektor sosial, Y-AMI sukses menggerakkan animo masyarakat untuk menyelenggarakan khitan spesial untuk ABK secara gratis.

Tidak hanya di Sidoarjo, namun Y-AMI telah menyelenggarakan giat yang sama di beberapa kota lainnya di Jawa Timur. Seperti diantaranya, Malang, Ponorogo dan Kota Probolinggo. Sebanyak 20 anak, dalam pelaksanaan itu mengikuti khitan dengan menggunakan metode smart clemp. Metode ini, diyakini lebih mudah proses khitan dan penyembuhannya.

Di bawah naungan Y-AMI yang telah beroperasi sejak 7 Desember 2019, giat ini juga mengadakan aksi sosial lainnya untuk melatih kemandirian anak-anak spesial. Seperti, kelas memasak, menari, yoga, pencak silat, calistung yang diadakan seminggu dua hingga tiga kali. Hal itu, diutarakan Ketua Umum Y-AMI Sidoarjo, Yeni, sebelum giat berlangsung.

Untuk menyenangkan anak-anak spesial ABK itu, Y-AMI menyediakan goodie bag bingkisan dengan beraneka ragam yang disukai anak-anak pada umumnya. Tampak sebuah bingkisan, juga berisikan boneka, aneka makanan dan minuman, baju koko, sarung serta kopyah, untuk dibagikan kepada peserta.

Yeni sendiri, memiliki dua orang anak spesial. Dirinya menitipkan pesan pada orang tua anak spesial ABK lainnya,  agar mengkhitankan anak sedari dini.

“Kepada orang tua yang memiliki anak spesial ABK, jangan takut, jangan cemas. Kita sama-sama senasib seperjuangan. Ayo kita sukseskan untuk kegiatan khitan dan jangan ditunda. Khitan selain sebagai syariah Islam juga untuk membuat mereka sehat. Jadi, memang fungsi kesehatan itu yang kita utamakan untuk anak-anak,” beber Yeni.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, dalam pelaksanaan kegiatan itu memberikan apresiasi positif. Bahkan, dirinya melihat bahwa Y-AMI sebagai wadah luar biasa yang bisa menggerakkan semangat orang tua yang memiliki anak spesial ABK.

Baca juga :

“Y-AMI ini mempunyai komitmen terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Sehingga, sangat bermanfaat untuk melengkapi apa yang menjadi kendala dan kebutuhan,” pujinya.

Dirinya meyakinkan pada masyarakat Kota Probolinggo, atas amanah yang diembannya sebagai wali kota, untuk terus melakukan hal yang bermanfaat. “Khususnya, bagi warga Kota Probolinggo, apa yang dibutuhkan warga khususnya di bidang kesehatan, harus bisa kita lakukan,” terang Wali Kota Habib Hadi.

Menurutnya, pemerintah harus hadir dalam segala lini kehidupan, dengan dibarengi regulasi dan aturan yang berlaku. “Karena pemerintah dalam melakukan kebijakan dalam anggaran dan lainnya harus ada dasar regulasinya. Jadi, kalau ada dasar regulasinya, tidak ada alasan pemerintah untuk tidak bisa membantu,” jelasnya.

Kalau pun tidak masuk dalam kebijakan pemerintah, dirinya menyatakan siap membantu warganya yang mengalami kesulitan dari uang pribadinya. Tidak hanya mengapresiasi Y-AMI, Habib Hadi juga mengapresiasi para orang tua anak spesial ABK. Dirinya menegaskan pada para orang tua, untuk ikut memberikan informasi padanya terkait bidang kesehatan.

Di tengah-tengah sambutannya, bapak empat orang anak itu senang melihat keceriaan anak-para peserta. Terbukti, dirinya pun begitu ramah menyapa anak spesial ABK yang lalu lalang di depannya. “Terima kasih untuk pengurus, yang sudah melakukan kemampuan dan kepedulian yang terbaik untuk melaksanakan keikhlasan mulia ini. Untuk bapak ibu yang ada di sini, anda jangan berkecil hati. Ada saya di sini, apa yang bisa dibantu, sesuai regulasi yang ada. Kalau perlu, silakan kasih informasi apa saja. Mudah-mudahan, kita semua bisa mengambil peran sesuai dengan kemampuan kita masing-masing,” paparnya.

Respon positif Wali Kota Habib Hadi, pun mendapat sambutan positif Ketum Y-AMI Cabang Probolinggo, Eri Hatmi. Dirinya mengharapkan, giat sosial ini ke depan dapat digelar dengan lebih banyak peserta dan penyebaran informasi. “Semoga, kedepannya kami bisa punya wadah lebih luas lagi. Sehingga, segala aspek bidang, baik dari kesehatan, pendidikan maupun dari sosial, bisa terwadahi. Kami berharap, pemerintah kota bisa support kegiatan kami,” harap Eri. (kom/pix/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.