Connect with us

Pemerintahan

Kemilau Kriya Kota Probolinggo, Bentuk Komitmen Pemkot Kembangkan UMKM

Diterbitkan

||

Kemilau Kriya Kota Probolinggo, Bentuk Komitmen Pemkot Kembangkan UMKM

Memontum Probolinggo – Komitmen Pemerintah Kota Probolinggo dalam mengembangkan produk unggulan daerah Kota Probolinggo, tanpa henti terus dilakukan. Bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Probolinggo, kali ini menyelenggarakan Kemilau Kriya Kota Probolinggo di Alun-Alun, Sabtu (27/08/2022) tadi. Pelaksanaan sendiri, rencananya berlangsung hingga 29 Agustus mendatang.

Gelaran Kemilau Kriya sebagai upaya untuk menggali, melestarikan, membina, mendorong pertumbuhan dan perkembangan serta mempromosikan produk unggulan Kota Probolinggo, terutama di sektor kerajinan. Kemilau Kriya, juga tidak hanya menampilkan produk-produk unggulan. Namun, saat ini Pemerintah Kota Probolinggo juga telah membangun pusat oleh-oleh dan galeri Dekranasada untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk UKM/IKM Kota Probolinggo.

Tepat dan sekaligus sebagai hadiah untuk Hari Jadi Ke-663 Kota Probolinggo (HadiPro), diluncurkannya pusat oleh-oleh dan galeri Dekranasda. “Semoga keberadaan pusat oleh-oleh dan galeri Dekranasda, ini bermanfaat untuk mendukung pengembangan usaha UKM/IKM di Kota Probolinggo. Sekarang, masyarakat tidak perlu bingung mencari oleh-oleh khas Kota Probolinggo, karena semuanya ada di sini,” terang Ketua Dekranasda, Hj Aminah Hadi, saat memberikan sambutan.

Aminah bersyukur, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi, bisa mewujudkan aspirasi Dekranasda dengan membangun pusat oleh-oleh dan galeri Dekranasda sesuai dengan harapan masyarakat dan terletak di tempat yang strategis serta mudah dituju. Termasuk, digelar dirangkaian Kemilau Kriya Kota Probolinggo, yang nantinya akan berlangsung dengan berbagai hal yang menarik. Bahkan, hingga tanggal 11 September mendatang, ada diskon untuk makanan dan minuman di pusat oleh-oleh dan galeri Dekranasda.

Dalam kesempatan itu, pun juga diluncurkan Umik Hebat. Yakni, sebuah aplikasi berbasis website untuk mempermudah UMKM dan pembeli, guna dapat diakses secara online.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, pyn merespon positif kegiatan ini. Kehadiran pemerintah berkolaborasi dengan pelaku UMKM, harus dapat dirasakan manfaatnya. “Tentunya ini menjadi komitmen pemerintah, setelah dua tahun sempat vakum akibat adanya pandemi Covid-19. Kita harus bisa membangkitkan ekonomi masyarakat dan menjadikannya suatu ajang atau event yang bisa menggairahkan kembali ekonomi pelaku UMKM di Kota Probolinggo,” tegas Wali Kota Habib Hadi.

Ditambahkannya, pihaknya memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi pelaku UMKM, untuk bisa menampilkan hasil olahan makanan dan produk-produknya. Sehingga, dapat memamerkan produk usahanya dan dikenal masyarakat.

Baca juga :

“Apalagi, tadi sudah dilaunching e-commerce Umik Hebat sebagai wadah. Sehingga, konsumen tidak terlalu sulit untuk bertransaksi. Hanya tinggal melihat dan bisa langsung order. Inilah langkah untuk ikut andil dalam memasarkan produk UMKM di Kota Probolinggo. Termasuk, memberikan pendampingan dan pemberian sertifikat serta hak paten. Bahkan, di tahun depan Pemkot akan mengikutsertakan BPJS tenaga kerja bagi pelaku UMKM. Kita memperhatikan pelaku UMKM agar bisa memiliki jaminan ketenagakerjaan yang diikutkan oleh Pemkot,” urai Wali Kota Probolinggo.

Pemerintah akan terus mendukung dan mensupport melalui galeri Dekranasda sebagai langkah awal memberikan wadah untuk semakin meningkatkan potensi-potensi yang bisa dikembangkan oleh pelaku UMKM. “Di tahun ini kita sudah membuka dari arah Gladak Serang sampai ke Taman Maramis sejauh 500 meter, sudah mulai dilakukan pavingisasi untuk area jogging track. Di situ, nantinya akan ada spot-spot kuliner. Mudah-mudahan, ini akan berjalan lancar karena tanpa kehadiran pemerintah, pelaku UMKM tidak bisa mempunyai tempat yang nyaman dan potensi pasar yang bagus,” tambahnya.

Wali Kota Habib Hadi mengingatkan, agar pelaku UMKM dapat menjaga mutu dan kualitas. Karena jika mampu menjaga hal itu, maka hasil produk tersebut akan terus dicari dan diminati banyak orang.

Kepala DKUPP Kota Probolinggo, Fitriawati, mengatakan perangkat daerah semaksimal mungkin berupaya memfasilitasi untuk pemberdayaan masyarakat terutama membangkitkan ekonomi bagi UMKM. “Jadi, kita mengajak mereka untuk gelar produk. Ini salah satu upaya, selain promosi produk juga bisa membantu untuk penjualan produk. Dengan keberadaan galeri Dekranasda, maka menjadi solusi masyarakat atau wisatawan dalam mencari oleh-oleh,” terangnya.

Ditambahkan, ke depan pihaknya akan menggandeng Dispopar, agar wisatawan yang berkunjung ke Kota Probolinggo, bisa diarahkan ke pusat oleh-oleh dan galeri dekranasda ini. Termasuk, bisa memanfatkan aplikasi Umik Hebat, untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan produk UMKM secara online.

“Masyarakat silakan membeli produk lokal Kota Probolinggo, karena produk kita bagus dan pantas. Bela dan beli produk UMKM ataupun produk lokal Kota Probolinggo,” terangnya.

Dalam rangkaian gelaran Kemilau Kriya tadi, juga digelar lomba melukis sepatu motif batik yang berjumlah 77 pasang bagi siswa SMP dan membatik di kain sepanjang 30 meter yang dilakukan oleh 20 pengrajin batik yang ada di Kota Probolinggo. Bahkan Minggu (28/08/2022) besok, juga bakal ada lomba memasak menu pendalungan, gelar produk UMKM Umik Hebat dan pengukuhan pengurus APMJ atau asosiasi pengusaha makanan dan minuman Jawa Timur cabang Probolinggo serta pelatihan kuliner. Rencananya, sebagai penutup gelaran Kemilau Kriya pada Senin (29/08/2022) lusa, juga akan ditutup dengan lomba mewarnai motif batik tingkat TK dan gelar produk UMKM Umik Hebat. (pro/pix/sit/adv)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.