Connect with us

Bondowoso

Polres Bondowoso Amankan Sopir Pickup yang Ajak Duel Petugas saat Sosialisasi PMK

Diterbitkan

||

Polres Bondowoso Amankan Sopir Pickup yang Ajak Duel Petugas saat Sosialisasi PMK

Memontum Bondowoso – Polres Bondowoso berhasil mengamankan seorang sopir pikap pengangkut hewan ternak yang mengajak adu jotos Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang tengah melakukan edukasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak.

Pelaku yang kabur usai mengambil paksa Surat Izin Mengemudi (SIM) dan STNK pengendara lain di tangan polisi, teridentifikasi bernama Mohammad Sofyan (27), warga Desa Mangli, Kecamatan Pujer.

Kapolres Bondowoso, AKBP Wimboko, mengatakan bahwa sesaat video aksi ‘koboi’ pelaku viral di Media Sosial (Medsos) TikTok, pihaknya langsung melakukan pencarian terhadap pelaku. “Pelaku sudah kita amankan, berikut mobil pikap Nopol B 9617 FAD yang dikendarai pelaku saat melawan petugas. Rekaman video juga sudah kita amankan,” kata AKBP Wimboko, Selasa (07/06/2022).

Baca juga:

Ditambahkannya, yang bersangkutan saat ditangkap di rumahnya tanpa melakukan perlawanan. Dan saat itu pula, langsung dibawa ke Mapolres Bondowoso untuk mengikuti proses hukum lebih lanjut.

Mantan Kasat Intel Polrestabes Surabaya ini juga melakukan tes urine pada pelaku dan hasilnya negatif. Hal itu dilakukan, karena dikuatirkan terpengaruh obat-obatan terlarang. “Karena saat melawan petugas, seakan tidak ada beban psikologis,” ujarnya.

Menurut Kapolres AKBP Wimboko, pelaku disamping melanggar lalu lintas, juga melakukan tindak pidana dengan kekerasan atau ancaman kekerasan dengan melawan kepada petugas yang melakukan tugas negara.

“Pelaku dijerat dengan Pasal 214 Ayat (1) Subsider Pasal 211 Subsider Pasal 212 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP),” urainya. Namun demikian, pihaknya tetap akan mengedepankan kondusifitas dengan mengedepankan edukasi.

Untuk diketahui, sebelum dilakukan penangkapan, telah viral video seorang anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polres Bondowoso ditantang adu jotos oleh sopir pikap pengangkut hewan ternak.

Kejadian tersebut, diketahui berlangsung Sabtu (04/06/2022) saat Satlantas menggelar operasi kendaraan pengangkut hewan ternak. Dalam rangka sosialisasi PMK hewan ternak. Sebenarnya sopir itu sudah diminta berhenti dengan humanis oleh anggota. Tapi, ternyata kabur. Kemudian dikejar oleh anggota hingga ke Gerbong Maut. Disamping menolak di Tindak Langsung (Tilang), pelaku juga mengambil bukti Tilang STNK milik pengendara lain yang ditilang. (zen/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.