Connect with us

Kabupaten Malang

Terima Bantuan Pencegahan DBD, TP PKK Provinsi Jatim Ingatkan Jumantik 3M Plus

Diterbitkan

||

Terima Bantuan Pencegahan DBD, TP PKK Provinsi Jatim Ingatkan Jumantik 3M Plus

Memontum Malang – Juru pemantau jentik nyamuk (Jumantik), tidak hanya bertanggung jawab kepada keluarga. Namun, juga bertanggung jawab terhadap lingkungan, utamanya mengenai pencegahan penularan penyakit demam berdarah (DBD) yang diakibatkan nyamuk aedes agepty.

Keterangan itu, disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi E Dardak, dalam serangkaian kunjungannya di Malang Raya, Sabtu (06/08/2022) tadi. Dirinya juga menghimbau, agar kader jumantik untuk terus melakukan 3M Plus dalam mencegah penyakit demam berdarah.

Sebagaimana diketahui, 3M Plus adalah menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain. Lalu, menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air dan beberapa lainnya.

“Harapan saya, kader jumantik bukan hanya bertanggung jawab terhadap keluarganya sendiri. Tetapi juga, mau mensosialisakian Program Tisagaluh. Satu kader harus bisa mengedukasi suami dan anak di rumah, serta ke 10 rumah sekitarnya, lima tetangga kanan dan lima kiri. Tujuannya, agar edukasi 3M Plus ini dapat mencegah terjadinya demam berdarah di lingkungan kita,” terang Arumi.

Baca juga :

Sekedar diketahui, kegiatan edukasi pencegahan DBD oleh Enesis Group melalui brand Soffel di wilayah Malang Raya, ini digelar di Pendopo Kepanjen, MTI Avan Sawojajar, SDK Mardi Wiyata 2 dan SDIT Ahmad Yani. Dalam pelaksanaan di Pendopo Kantor Bupati Malang, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, kegiatan mengambil tema ‘Wujudkan Jawa Timur Bebas Dengue’. Kegiatan itu diikuti lebih dari 300 desa dan kelurahan se-Kabupaten Malang.

Senior Brand Manager Soffell dan Force Magic, Louis Sumantadiredja, menjelaskan bahwa pencegahan dengue bisa dilakukan melalui PSN 3M Plus. Di sini, plusnya bisa menggunakan obat anti nyamuk.

“Seperti mengoles atau menyemprot Soffell, agar terhindar dari gigitan nyamuk sebagai perlindungan diri. Soffell lotion dan spray anti nyamuk tahan hingga 8 jam. Untuk proteksi dari nyamuk di ruangan, bisa menggunakan Aerosol Force Magic dengan formula 0,30 AE dan teknologi synergist yang membunuh nyamuk hingga ke saraf nyamuk. Sehingga, nyamuk mati tidak bangun lagi,” ujar Louis.

Dalam kesempatan yang sama, Enesis Group memberikan bantuan untuk dukungan protokol kesehatan selama pandemi, serta bantuan pencegahan demam berdarah berupa Antis dan Soffell. Bantuan itu diterima langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, tim Enesis pun mempraktekan uji ampuh bersama Soffel dengan menunjukan bahwa tangan yang sudah menggunakan Soffell tidak akan digigit oleh nyamuk. Ini merupakan edukasi terkait pencegahan Demam Berdarah Dengue melalui 3M Plus. (gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.