Connect with us

Pemerintahan

Wali Kota Habib Hadi Hadiri Upacara Pembukaan Kejurprov Taekwondo Jatim

Diterbitkan

||

Wali Kota Habib Hadi Hadiri Upacara Pembukaan Kejurprov Taekwondo Jatim

Memontum Probolinggo – Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, menghadiri upacara pembukaan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Taekwondo Jawa Timur Tahun 2022, di Gor Mastrip Kota Probolinggo, Sabtu (26/03/2022) tadi. Seremonial pembukaan ini, diikuti oleh seluruh atlet, pelatih, official Pengkot dan Pengkab TI se-Jatim dan panitia pelaksana Kejurprov.

Disampaikan Ketua Pelaksana Kejurprov, Lalu Purnawadi, dalam laporannya bahwa pada kejuaraan tahun ini panitia pelaksana menambah satu kategori pertandingan baru yakni Speedkick. “Umumnya, pertandingan di dalam kejuaraan provinsi hanya diwakili oleh dua kategori. Yakni, kyorugi dan poomsae. Namun, ada satu yang baru di Kejurprov Kota Probolinggo ini dan yang pertama di Indonesia yaitu kategori Speedkick,” jelas Lalu yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Kota Taekwondo Indonesia (Pengkot TI) Probolinggo.

Tercatat, sebanyak 1264 atlet taekwondo dari 32 kabupaten dan kota se-Jawa Timur, mengikuti Kejurprov tahun ini. Dimana, 146 taekwondoin diantaranya adalah atlet dari Pengkot TI Probolinggo.

Ketua Umum KONI Jawa Timur, Muhammad Nabil, menyampaikan selamat atas terselenggaranya Kejurprov Taekwondo Jawa Timur Tahun 2022 di Kota Probolinggo. Menurutnya, event olah raga seperti ini merupakan sarana untuk merekrut calon atlet berprestasi.

“Kami dari Jawa Timur sangat berkepentingan dengan event-event Kejurprov ini, untuk merekrut, untuk melakukan seleksi awal calon-calon atlet berprestasi dari Jawa Timur,” terang M Nabil.

Masih pada kesempatan yang sama, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, menerima dan dikukuhkan sebagai Anggota Kehormatan Luar Biasa dan Internasional Kukkiwon. Seremoni tersebut, ditandai dengan diserahkannya  seragam taekwondo atau dobok serta penyematan sabuk hitam oleh Ketua Umum Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Jawa Timur, Moch Yusron kepada Wali Kota Habib Hadi.

Baca juga :

Kukkiwon adalah nama dari Kantor Pusat World Taekwondo sekaligus pusat Akademi Taekwondo Dunia (World Taekwondo Academy). Organisasi ini dibentuk oleh Pemerintah Korea Selatan di bawah Kementerian Budaya, Olah raga dan Pariwisata pada tahun 1973 di Kota Seoul.

Menurut penuturan Ketua Pengkot TI Probolinggo, penganugerahan anggota luar biasa Kukkiwon kepada Wali Kota Probolinggo Habib Hadi, merupakan penghargaan tinggi skala internasional. “Sabuk hitam internasional untuk Bapak Wali Kota Probolinggo dan secara internasional, nama beliau tercatat hingga ke Kukkiwon di Korea. Ini belum ada yang melakukannya di Jatim,” jelas Lalu.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi, memberikan apresiasi kepada seluruh panitia Kejurprov dan seluruh atlet yang bertanding serta berharap kegiatan ini bisa memperkuat solidaritas antar atlet taekwondo se-Jatim.

“Atas nama pribadi dan selaku kepala daerah, saya menyambut baik dan sangat menghargai terlaksananya Kejuaraan Provinsi Taekwondo se-Jawa Timur. Saya berharap, kegiatan ini dapat dijadikan ajang silaturahmi atlet-atlet se-Jawa Timur,” ungkap Habib Hadi.

Selain itu, wali kota juga meminta kepada seluruh pengurus Cabor di bawah KONI setempat, untuk menjadikan Kota Probolinggo sebagai tuan rumah Kejurprov masing masing olah raga pada tahun 2023 mendatang. “Saya ingin menyampaikan bahwasanya di tahun 2023, semua (Kejurprov) Cabor di dalam naungan KONI (Kota Probolinggo) akan diselenggarakan di Kota Probolinggo. Ini permintaan secara langsung,” papar Habib Hadi. (kom/pix/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.