Berita

CFD, Forkopimda Trenggalek Ajak Masyarakat Lakukan Gerakan Cuci Tangan yang Baik

Diterbitkan

-

CFD, Forkopimda Trenggalek Ajak Masyarakat Lakukan Gerakan Cuci Tangan yang Baik

Trenggalek, Memontum – Jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek menggelar sosialisasi terkait antisipasi dini penyebaran virus Corona dengan mengambil tema Trenggalek Sehat Jatim Sehat. Kegiatan yang terfokus di depan Tugu Garuda Alun – Alun Trenggalek ini diinisiasi Polres Trenggalek.

Dalam kegiatan ini, juga diisi dengan senam sehat dan gerakan mencuci tangan yang baik dan benar. Seperti yang diketahui, virus Covid – 19 atau yang masyarakat kenal dengan Corona mulai menjadi perhatian serius.

Jajaran Forkopimda Trenggalek melakukan gerakan mencuci tangan bersama masyarakat dalam CFD di Alun - Alun. (ist)

Jajaran Forkopimda Trenggalek melakukan gerakan mencuci tangan bersama masyarakat dalam CFD di Alun – Alun. (ist)

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan salah satu upaya pencegahan virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

“Adanya virus Corona ini saya menghimbau kepada masyarakat khusunya di Kabupaten Trenggalek agar tidak panik. Saya juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan salah satunya mencuci tangan,” ungkap Bupati saat dikonfirmasi, Minggu (08/03/2020) pagi.

Arifin mengungkapkan dengan sering mencuci tangan, tidak menyentuh wajah sembarangan ini bisa mencegah Virus Corona terjadi pada tubuh.

Advertisement

Jika memang terjadi gejala seperti batuk, flu dan sesak nafas, masyarakat bisa langsung menghubungi Dinas Kesehatan di nomor 119.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek juga memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat berupa pengecekan tekanan darah, pemeriksaan suhu tubuh, membagikan hand sanitaizer serta memberikan edukasi tentang virus corona,” imbuhnya.

Bupati juga menerangkan jika di Jawa Timur terdapat 9 Rumah Sakit rujukan dengan ruangan khusus (ruang isolasi). Hal ini juga menjadi upaya dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvinj Simanjuntak mengatakan jika kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengampanyekan dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk senantiasa mencuci tangan dan menjaga kesehatan/kebersihan terutama di tengah merebaknya virus corona saat ini.

Advertisement

“Masyarakat diimbau tidak panik dan cemas berlebihan, tetapi harus tetap waspada dengan menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan,” kata Kapolres.

Dalam hal ini, Polres Trenggalek telah melakukan kerjasama dengan Pemkab Trenggalek dalam hal pengawasan stok dan pendistribusian masker dan hand sanitaizer serta memastikan bahwa hingga saat ini tidak ada penimbunan.

“Kemarin kita sudah terjun ke lapangan untuk melihat dan memastikan stok masker serta hand sanitizer. Dan hasilnya tidak ada penimbunan di apotik maupun toko obat yang ada di Trenggalek,” pungkasnya. (mil/oso)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas