Pemerintahan

Pembagian di Pasar, Awali Pemkab Sidoarjo Perketat Aturan Pemakaian Masker

Diterbitkan

-

Memontum Sidoarjo – Ratusan pedagang pasar Taman, Sidoarjo mendapat masker gratis dari Pemkab Sidoarjo. Selain kepada pedagang, masker gratis ini juga diberikan ke pembeli di pasar tradisional Taman itu.

Aksi bagi-bagi masker gratis ini dipimpin Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin. Kegiatan ini diikuti jajaran Forkopimda Sidoarjo. Diantaranya Ketua DPRD Sidoarjo Usman, Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf M Iswan Nusi, Kajari Sidoarjo Setiawan Budi Cahyono dan Wakapolresta Sidoarjo AKBP M Anggi Naulifar Siregar.

BAGI MASKER - Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin dan Forkopimda Sidoarjo membagikan ribuan masker ke pedagang dan konsumen di Pasar Taman, Sidoarjo, Jumat (17/4/2020)

BAGI MASKER – Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin dan Forkopimda Sidoarjo membagikan ribuan masker ke pedagang dan konsumen di Pasar Taman, Sidoarjo, Jumat (17/4/2020)

Kegiatan ini sekaligus memberi himbauan kepada masyarakat agar mentaati aturan penggunaan masker bagi masyarakat beraktivitas diluar rumah, selalu cuci tangan setiap selesai aktivitas dan menjaga jarak (physical distancing).

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Nur Ahmad Syaifuddin yang juga Wabup Sidoarjo ini meminta agar setiap warga Sidoarjo menggunakan masker terutama saat keluar rumah. Mengingat angka penyebaran Covid-19 di Sidoarjo terus bertambah. Yakni jumlah positif covid-19 sudah mencapai 50 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 111 orang dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) 472 orang.

“Untuk pasien yang sembuh 5 orang dan pasien positif yang meninggal 6 orang. Sedangkan PDP yang meninggal 9 orang,” katanya, Jumat (17/3/2020).

Advertisement

Lebih jauh, Wabup yang akrab dipanggil Cak Nur ini memaparkan Pemkab Sidoarjo bakal membagikan masker ke seluruh pasar tradisional yang ada di Sidoarjo. Untuk saat ini secara seremonial bersama Forkopimda membagikan ke para pedagang dan para pembeli di pasar Taman.

“Kami menyerukan agar setiap pedagang dan pembeli serta siapa pun yang keluar rumah harus memakai masker. Untuk itu yang didahulukan membagikan masker ini dengan sebanyak-banyaknya. Kami juga sudah pesan masker sampai 500.000. Persediaan yang ada kami bagi-bagikan, khususnya untuk pasar-pasar,” tegasnya.

Selain itu, Cak Nur meminta masyarakat Sidoarjo mematuhi aturan penggunaan masker jika beraktivitas diluar rumah. Karena dalam waktu dekat Pemkab Sidoarjo akan lebih ketat lagi memberlakukan aturan pemakaian masker itu.
“Kami berharap ketaatan warga yang keluar rumah harus memakai masker. Karena perkembangan Covid-19 sangat drastis di Sidoarjo. Saat ini jumlah pasien positif covid-19 di Sidoarjo mencapai 50 orang. Untuk itu saya berharap gerakan ini bukan hanya gerakan memberi tetapi menyadarkan masyarakat yang keluar rumah harus memakai masker demi keselamatan bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Cak Nur berjanji dalam waktu dekat Pemkab Sidoarjo akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait kewajiban penggunaan masker bagi warga yang melakukan aktivitas di luar rumah itu.

Advertisement

“Surat edaran sebelumnya masa berlakunya akan habis tanggal 20 April 2020,” tandasnya. wan/yan

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas