SEKITAR KITA

Dinkes Gelar Seminar Kesehatan untuk Lansia

Diterbitkan

-

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni di acara seminar.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni di acara seminar.

Memontum Kota Malang – Dinas Kesehatan Kota Malang mengadakan seminar kesehatan bagi para Lansia (Lanjut Usia) di salah satu hotel di Kota Malang, Selasa (27/10) tadi. Acara yang mengambil tema ‘Negara Hadir untuk Lansia’, digelar sebagai peringatan ke 24 Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN).

Pelaksanaan sendiri, sengaja mengangkat tema itu, dimaksudkan agar keluarga yang merupakan unit terkecil dalam masyarakat, hendaknya dapat mendampingi, memberikan kasih sayang dan perlindungan bagi para lansia.

“Dengan memberikan dukungan, maka kesehatan psikis mereka secara tidak langsung dapat terpenuhi. Sebab, energi positif mereka akan semakin meningkat. Kalau seandainya tidak ada dukungan, maka energi positif para Lansia akan menurun,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni, dalam sambutannya.

Lebih lanjut Sri Winarni menjelaskan, bahwa berdasarkan hasil skrining Indeks Masa Tumbuh (IMT), Lansia di Kota Malang Tahun 2019, 50 persennya (46.669) sesuai dengan standart. Sementara sisanya, ada sekitar 7r ribu Lansia atau sekitar 9 persen, mengalami obesitas. Sedangkan untuk Lansia yang memiliki penyakit degenerativ, sekitar 8 ribu orang atau sekitar 9 persen memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

Advertisement

“Tujuh persennya atau sekitar tujuh ribu memiliki kolestrol tinggi dan empat persennya atau sekitar empat ribu Lansia, miliki penyakit diabetes,” imbuhnya.

Karenanya, Sri Winarni, mengingatkan bahwa menjaga kesehatan mental para Lansia menjadi tanggung jawab bersama. Dengan kegiatan seminar ini, sekaligus menjadi media edukasi bagi Lansia untuk semangat dan mengerti cara menjaga kesehatan mental.

“Karena penyakit degenerativ itu bisa cepat turun, jika pikiran kita positif. Selain itu, terkait pandemi Covid-19 yang belum selesai, Lansia harus tetap peduli untuk menjaga diri agar tidak terpapar,” ujarnya. (mg1/sit)

 

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas