Blitar

Hadapi Akreditasi Puskesmas, Dinas Kesehatan Akui Kurang Fasilitas

Diterbitkan

-

Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar, Surnarko

Memontum Blitar–Dinas Kesehatan Kota Blitar, terus berupaya mempersiapkan akreditasi puskesmas. Dimana akreditasi ini, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Mesipun penilaian akreditasi puskesmas kurang 10 hari lagi, namun Dinas Kesehatan Kota Blitar, masih kekurangan beberapa fasilitas di puskesmas yang akan diakreditasi.

 

Hal ini diakui Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar, Surnarko. Menurut Sunarko, menjelang penilaian kelayakan atau akreditasi puskesmas pada November mendatang, pihaknya kekurang beberapa fasilitas pelayanan. Salah satunya alat pendeteksi jantung.

 

Advertisement

“Penilaian kan sudah tinggal sekitar 10 hari lagi. Namun untuk saat ini, kita memang masih kekurangan beberapa fasilitas di puskesmas yang akan diakreditasi”, kata Sunarko, Minggu (22/10/2017).

 

Lebih lanjut Sunarko menjelaskan, untuk ketersediaan fasilitas dasar di 3 puskesmas yang ada di Kota Blitar, berdasarkan dengan Permenkes nomor 75 tahun 2014 sudah sesuai. Hanya saja untuk jumlah satuan alat penunjang tambahan guna meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat masih minim.

 

Advertisement

“Karena ketersediaan anggaran yang terbatas, membuat pengadaan alat penunjang kesehatan di 3 puskesmas yang ada di Kota Blitar tak bisa dilakukan secara bersamaan. Tapi saya pastikan, kebutuhan alat penunjang kesehatan akan segera dipenuhi secara bertahap”, tandas Sunarko.

 

Ditambahkannya, meskipun beberapa fasilitas masih minim, namun dia mengaku, jika pihaknya sudah siap untuk menghadapi akreditasi pada November mendatang. Karena setidaknya untuk penilaian kelayakan puskesmas sudah disiapkan sejak 2016 lalu. “Meski ada yang kurang, saya siap dan optimis menghadapi penilaian ini”, tegas Sunarko. (fjr/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas