Jember

Bahas Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Ekonomi, Kemenkominfo Gandeng UMKM

Diterbitkan

-

Bahas Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Ekonomi, Kemenkominfo Gandeng UMKM

Memontum Jember – Transformasi ekonomi digital terbukti memberi dampak signifikan bagi kemajuan ekonomi dan UMKM. Untuk lebih meningkatkan produktivitas ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggandeng UMKM Kabupaten Jember, menggelar diskusi literasi digital di Arena Event Sahati Festival di Alun-alun Kabupaten Jember, Rabu (12/04/2023) besok malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Mengambil tema diskusi ‘Tantangan Transformasi Digital bagi Kemajuan Perekonomian’, acara luring (offline) ini akan menghadirkan beberapa nara sumber. Diantaranya, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember, Sartini, Kepala Bidang Aspirasi dan Layanan Informasi Publik Kabupaten Jember, Asfita Dewi, Dosen Politeknik Negeri Jember, Muhammad Yunus dan Mohammad Noviyanto sebagai moderator.

“Webinar ini nantinya digelar gratis. Calon peserta yang ingin bergabung, silakan mendaftar ke link registrasi peserta di https://s.id/DaftarKabJember1204. Selain mendapat e-sertifikat, panitia juga menyediakan hadiah e-money sebesar Rp 1 juta untuk 10 peserta yang beruntung,” rilis Kemenkominfo, Selasa (11/04/2023) tadi.

Terkait tema webinar, Kemenkominfo menjelaskan bahwa meningkatnya penggunaan internet telah menandai bertumbuhnya ekonomi digital di Indonesia. Awal tahun 2021, pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa. Atau, meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa, jika dibandingkan pada Januari 2020.

Advertisement

Baca juga:

“Terlebih saat pandemi Covid-19, telah mengubah mekanisme pelayanan jasa dan perilaku konsumen. Para pelaku usaha perlu berinovasi mencari solusi, bagaimana caranya konsumen bisa menyelaraskan kebiasaan baru, dari model jual beli konvensional menjadi e-commerce,” jelas Kemenkominfo.

Ditambahkan Kemenkominfo, bahwa transformasi ekonomi digital tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha yang mampu berkembang dengan mengikuti kemajuan teknologi. Namun, juga mengakibatkan adanya ketimpangan bagi yang tidak mampu mengikuti perkembangan digitalisasi.

“Transformasi digital bidang ekonomi merupakan sebuah keniscayaan. Begitu juga digitalisasi oleh pelaku usaha UMKM,” terang Kemenkominfo terkait diskusi literasi digital yang digelar untuk Komunitas Pedagang Bazar Ramadan, Komunitas UMKM Kabupaten Jember, dan masyarakat sekitar.

Kemenkominfo juga mengatakan, diskusi literasi digital di lingkungan komunitas merupakan salah satu upaya pihaknya untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan hingga kelompok masyarakat menuju Indonesia #MakinCakapDigital. “Kegiatan ini diharapkan mampu menaikkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024,” urainya.

Advertisement

Tahun ini, imbuhnya, program #literasidigitalkominfo mulai dilaksanakan sejak 27 Januari 2023. Program Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini, membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta. Program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) tahun ini, menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital.

IMCD sendiri, bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif dan aman. Sementara seluruh program IMCD, membahas setiap tema dari sudut pandang empat pilar utama. Yakni, kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

Program IMCD sendiri, lanjut Kemenkominfo, diperlukan karena berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan We Are Social, pengguna internet dan media sosial di Indonesia pada periode 2021-2022 sudah mencapai 220 juta orang. “Padahal, pada 2019, jumlah itu tidak lebih dari 175 juta orang,” jelasnya.

Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan, dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo. (hms/sit)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas