Kota Malang

Peringati World Rabies Day 2024, Dispangtan Kota Malang Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Diterbitkan

-

VAKSIN: Vaksinasi rabies dan kastrasi kucing jantan. (ist)

Memontum Kota Malang – Peringati World Rabies Day 2024, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang menggelar vaksinasi rabies gratis dan kastrasi kucing jantan gratis di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Malang, Jalan Sarangan Kota Malang.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan Kota Malang, Anton Pramujiono, menyampaikan jika kegiatan vaksinasi tersebut memang rutin digelar setiap tahunnya. Untuk vaksinasi rabies gratis diselenggarakan pada 23-26 September 2024 dengan kuota terbatas yakni 150 dosis.

“Sedangkan kastrasi kucing jantan akan dilaksanakan tanggal 28 September 2024 di Puskeswan Kota Malang dengan kuota terbatas hanya untuk 50 ekor,” kata Anton, Selasa (24/09/2024) tadi.

Anton juga menyebut, bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya pencegahan agar hewan peliharaan tidak sampai terjangkit penyakit rabies. Apabila itu terjadi, maka menurutnya dapat secepatnya dilakukan penanganan sehingga tidak sampai berakibat fatal.

Advertisement

Baca juga :

“Kasus rabies di Kota Malang sejauh ini belum ditemukan. Namun, hal ini harus tetap diwaspadai sehingga Kota Malang dapat benar-benar terbebas dari adanya rabies,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pemilik anjing yang mengikuti program vaksinasi, Berdeta, mengaku sangat senang Pemerintah Kota Malang dapat menyelenggarakan program vaksinasi hewan gratis ini. Karena menurutnya itu sangat membantu para pemilik hewan atau peternak.

“Senang sekali anjing saya mendapatkan vaksinasi rabies. Ini sangat bagus untuk memastikan kesehatan hewan peliharaan benar-benar sehat,” imbuh Berdeta.

Sebagai informasi, adapun beberapa syarat hewan yang mengikuti vaksin rabies tersebut, diantaranya hewan sehat, tidak bunting, dengan umur minimal 4 bulan dan hewan dimasukkan dalam pet cargo. Sementara, untuk syarat kastrasi kucing, yakni hewan keadaan sehat, testis sudah turun keduanya, dapat dihandel dan hewan dimasukkan dalam pet cargo. Untuk pendaftaran bisa langsung mendatangi Puskeswan dengan membawa foto kopi KTP. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas