Kota Malang

FLOICE FTP UB Juarai Busan Choral Festival & Competition 2018

Diterbitkan

-

FLOICE FTP UB. (ist)

Memontum Kota Malang—-Kelompok Paduan Suara “FLOICE” dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) berhasil menjuarai lomba Paduan Suara bertajuk “Busan Choral Festival & Competition 2018″ yang berlangsung di Busan, Korea Selatan, Rabu-Sabtu (17 – 20/10/2018) lalu.

Sebelumnya, FLOICE dengan 35 anggota yang dikomandani Fika Dwi Safitri, ketua FLOICE FTP ini berhasil menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang masuk ke babak grand prix bersama tim dari Hongkong, Polandia dan Latvia. Dibabak grand prix, FLOICE berhasil memukau dewan juri dan seluruh undangan yang hadir dengan harmonisasinya, ketika membawakan lagu-lagu aransemen Dinar Primasti. Menggandeng konduktor Agustinus Wahyu Permadi, total tiga lagu yang dibawakan FLOICE pada kategori pop & gospel, yaitu Love on Top, Never Enough dan Spain.

”Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan sekaligus membahagiakan bagi kami semua. Sebab kami berhasil mempertahankan prestasi untuk selalu menjadi yang terbaik ketika di negeri orang. Kali kedua, Floice mengikuti lomba internasional dan alhamdulillah juga membawa emas seperti yang pertama. Alhamdulillah, perjuangan kami untuk menggalang dana dan latihan keras disela jadwal kuliah dan praktikum yang padat sejak Februari lalu mempersiapkan lomba ini tidak sia-sia,” ungkap Ketua FLOICE FTP, Fika Dwi Safitri (TIP 2015), melalui rilis yang dibuat dari Busan.

Sebenarnya selain FLOICE, terdapat enam tim paduan suara Indonesia lainnya pada kompetisi tersebut, namun hanya FLOICE yang berhasil membawa pulang emas ditangan. “Prestasi ini sekaligus kado yang indah bagi seluruh bangsa Indonesia, dan konduktor kami, Agustinus Wahyu Permadi, yang tengah merayakan ulang tahunnya. Pencapaian ini tentunya tidak akan terjadi tanpa dukungan semua pihak, jadi kami ingin berterima kasih bagi semuanya. Semoga pencapaian FLOICE ini dapat terus menginspirasi bagi semua,” tambah Fika.

Advertisement

Busan Choral Festival & Competition 2018 merupakan lomba paduan suara tingkat dunia yang diikuti oleh 50 tim dari 12 negara sedunia, yaitu United Kingdom, Indonesia, Latvia, Polandia, Rusia, Swiss, China, Jepang, Korea, Filipina dan Hongkong. Terdapat beberapa kategori yang dilombakan, yaitu kategori Youth yang dimenangkan St. Paul’s Co-educational College Treble Choir (Hong Kong); kategori Classical Mixed yang dimenangkan Chamber Choir of the Feliks Nowowiejski Academy of Music (Polandia); kategori Ethnic oleh Garkalne Mixed Choir “Pa Saulei” (Latvia) ; kategori Classical Equal yang dimenangkan St. Paul’s Co-educational College Treble Choir (Hong Kong), dan ketegori Pop & Gospel yang dimenangkan FLOICE dari FTP UB. Sebagai pemenang, FLOICE berhak membawa pulang sertifikat, trophy, dan uang pembinaan senilai USD 5000. (rhd/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas