Connect with us

Jember

Bupati Jember Langsung Cek Musibah Banjir dan Minta Mitigasi Wilayah Rawan Bencana

Diterbitkan

||

Bupati Jember Langsung Cek Musibah Banjir dan Minta Mitigasi Wilayah Rawan Bencana

Memontum Jember – Curah hujan yang cukup tinggi, pada Minggu (09/01/2022) siang, membuat sebagian wilayah di wilayah Kabupaten Jember, menjadi terendam banjir luapan air sungai Semangir. Luapan banjir bahkan cukup parah terjadi di beberapa titik lokasi seperti di Mangli atau Perumahan Bumi Mangli Permai, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates dan sebagian kelurahan di area perkotaan.

Merespon kejadian itu, Bupati Jember, Hendy Siswanto, pun langsung meluncur ke beberapa titik lokasi terjadinya banjir. “Sejak siang tadi, saya sudah memonitor situasi melalui tim dari BPBD yang terus memberikan laporan. Karena itu, saya langsung putuskan untuk terjun ke lapangan melihat kondisi secara langsung dan memastikan warga yang terdampak segera mendapat pertolongan,” kata Bupati Hendy saat meninjau lokasi banjir di Perumahan Bumi Mangli Permai dan Mangli Residence.

Selain memeriksa kondisi beberapa titik sungai dan pintu air, Bupati Hendy juga memerintahkan BPBD dan seluruh stakeholder terkait untuk melakukan penanganan dampak banjir dengan cepat. Bupati Hendy juga menegaskan, akan segera melakukan upaya mitigasi terkait penanganan wilayah-wilayah yang rawan terjadi banjir.

Baca juga :

“Yang terpenting, jangan sampai ada korban jiwa. Setelah itu, baru kita bentuk pos penanggulangan untuk kebutuhan warga terdampak. Termasuk, tempat pengungsian apabila memang diperlukan,” ujarnya.

Menghadapi musim hujan ini, Bupati Hendy meminta warga untuk tetap tenang dan menyiapkan langkah-langkah antisipasi saat banjir terjadi di lingkungan tempat tinggal. Mulai dari menyimpan dokumen penting, menyiapkan alat siaga banjir dan memantau informasi dari media dan instasi yang terpercaya.

“Saya sampaikan terima kasih kepada warga Jember yang membantu kami memberikan laporan secara langsung melalui video-video yang diunggah di media sosial secara langsung, itu sangat membantu,” ungkapnya. (kom/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.