Pemerintahan

Bupati Situbondo Lepas Gelaran Merak Baluran Tourism yang Suguhkan Wisata Bahari

Diterbitkan

-

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi beserta jajaran Forkopimda melepas ratusan peserta olah raga wisata atau sport tourism yang bertajuk Merak Baluran Run 2023, Minggu (3/12/2023) tadi. Gelaran event tersebut, juga diikuti atlet lari internasional dari Kenya dan Prancis serta peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Bupati Situbondo menjelaskan, Merak Baluran Run 2023 dimulai dari Karang Tekok, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih dan finis di Pantai Sijile dengan menempuh jarak 10 kilometer. “Ada 406 peserta Merak Baluran Run 2023. Sementara sebanyak 16 orang peserta, adalah dari luar negeri. Yakni 15 orang dari Kenya dan 1 orang dari Perancis,” kata Bupati Karna.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini optimis, event Merak Baluran Run 2023, akan mampu menarik wisatawan yang datang ke sejumlah wisata pantai yang ada di kawasan Taman Nasional Baluran tersebut. Sehingga, pariwisata di Kabupaten Situbondo bisa dikenal hingga ke mancanegara.

“Event sport tourism lari skala internasional ini juga menjadi bagian dari promosi Wisata Merak-Baluran. Kami meyakini, peserta lomba lari dalam negeri dan luar negeri tertarik dengan sejumlah destinasi wisata bahari yang masih dalam satu kawasan,” tegasnya.

Advertisement

Bung Karna menyebut, setidaknya ada delapan destinasi wisata bahari di kawasan Merak-Baluran. Yaitu Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pantai Merak, Pantai Lempuyang, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Sirondo dan Pantai Batu Hitam.

“Kami memilih finis lomba lari di Pantai Sijile. Para peserta akan disuguhi pemandangan alam pantai berpasir putih dan punya dua muara yang terpecah daratan dan membentuk seperti lidah menjulur. Lautnya juga dipenuhi terumbu karang hingga hutan bakau dan pemandangan Gunung Baluran,” bebernya.

Baca juga :

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, Deny Wahyu Pribadi, menjelaskan ada lima kategori di event Merak Baluran Run 2023. Yakni putra dan putri umum yang merupakan pelari internasional didominasi oleh pelari asal negara Kenya, Afrika, kategori putra lokal nasional, pelajar putra dan pelajar putri nasional.

Advertisement

“Seluruh peserta lomba lari melintasi rute yang sama dengan jarak tempuh sejauh 10 kilometer. Lintasan yang dilalui peserta menyusuri jalan makadam di kawasan Taman Nasional Baluran hingga tepi Pantai Bilik-Sijile,” ucapnya.

Berikut daftar Juara Merak Baluran-Run 2023 dari lima kategori yang diperlombakan. Yakni Katagori Putra Umum, Juara 1 Charles Munyua Njoki (Kenya) dengan waktu 29 menit 59 detik, Juara 2 Peter Ndungu Wanyoike (Kenya) dengan waktu 30 menit 29 detik, juara 3 Amos Kipkemoi Chaesang (Kenya) dengan waktu 30 menit 50 detik, juara 4 Elphas Kiprop Ngetich (Kenya) dengan waktu 31 menit 10 detik, dan juara 5 James Cherutich Tallam (Kenya) dengan waktu 31 menit 46 detik.

Katagori Putri Umum, juara 1 Rosemari Mumo Katua (Kenya) dengan waktu 34 menit 33 detik, juara 2 Catherine Wanjiru Njihia (Kenya) dengan waktu 35 menit 41 detik, juara 3 Alyce Jeptoo Kocch (Kenya) dengan waktu 36 menit 29 detik, juara 4 Mercy Jelimo (Kenya) dengan waktu 38 menit 32 detik dan juara 5 Asnida Aras (Kabupaten Luwuk Banggai) dengan waktu 40 menit 50 detik.

Katagori Putra Lokal Nasional, juara 1 Syamsuddin Massa dengan waktu 33 menit, juara 2 Michael Joel Resmol dengan waktu 34 menit 51 detik, juara 3 Sutikno dengan waktu 34 menit 55 detik, juara 4 Ari Swandana dengan waktu 35 menit 40 detik, juara 5 Deddy Yusuf dengan waktu 37 menit 32 detik. (her/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas