Connect with us

Pemerintahan

Ciptakan Kelurahan Tangguh Bencana, Wali Kota Probolinggo Suport Sosialisasi Tanggap Darurat Bencana

Diterbitkan

||

Ciptakan Kelurahan Tangguh Bencana, Wali Kota Probolinggo Suport Sosialisasi Tanggap Darurat Bencana

Memontum Probolinggo – Dalam rangka meminimalisir terjadinya bencana non alam dan bencana alam di wilayah Kelurahan Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, LKK Kelompok Masyarakat (Pokmas) Bayusari mendapatkan sosialisasi Tanggap Darurat Bencana di aula kelurahan setempat, Selasa (20/09/2022) tadi.

Giat yang melibatkan sekitar 50 orang dari ketua dan pengurus RT/RW, Ketua LPM dan anggota Karang Taruna, itu dibuka Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Kanigaran, Agus Rianto, Wakil Ketua I DPRD, Nasution dan Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), Sugito Prasetyo.

Ketua Pokmas Bayusari, Senimin, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk fasilitas dari Pemkot Probolinggo, untuk menyiapkan kelurahan tangguh bencana. Karena, selain bencana non alam, bencana alam seperti banjir di saat musim hujan tiba, selalu melanda wilayah itu.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi, berharap melalui kegiatan ini dapat menambah pengetahuan masyarakat, khususnya untuk LKK kelurahan, akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan menangani dampak yang ditimbulkan. “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Pokmas ini, bapak ibu sekalian yang diundang, (bisa menjadi kepanjangan tangan pemerintah) untuk menyampaikan informasi dan menyelesaikan permasalahan yang timbul di wilayahnya,” kata Wali Kota Habib Hadi.

Dalam arahannya, orang nomor satu di lingkungan Pemerintahan Kota Probolinggo, ini juga mengingatkan untuk selalu antisipasi datangnya musim penghujan di November mendatang. “Genangan air, pohon rawan tumbang, kabel listrik dan lain-lain, saya pesan untuk edukasikan pada masyarakat. Termasuk, saya meminta pada Babinsa, supaya sebelum terjadinya bencana, kita sudah ada solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut,” ujarnya.

Baca juga:

Wali Kota Habib Hadi juga mengimbau, bila masyarakat mendapati bencana alam di wilayah, untuk tidak panik dan segera melapor ke kelurahan atau dapat langsung menghubungi layanan call center Kegawatdaruratan 112.

Pada kesempatan itu, dirinya juga menyinggung kaitannya dengan kompetisi persahabatan We Love City (WLC). Kampanye WLC, sudah dimulai sejak 19 September kemarin sampai 31 Oktober 2022 mendatang. “Mari kita dukung Kota Probolinggo di ajang WLC tahun 2022 yang diikuti oleh 72 kota di 31 negara di dunia, untuk menjadi kota yang paling dicintai,” ujarnya.

Caranya, ujar Wali Kota, untuk memberikan dukungan tersebut masyarakat bisa membuka website www.welovecities.org. Lalu, memilih Bendera Indonesia dan selanjutnya pilih Probolinggo. Pilih vote, beri saran dan masukan pendapat. Vote bisa diberikan sekali perharinya dan perakun. (kom/pix/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.