Hukum & Kriminal

Diduga Lakukan Penipuan, Kejari Probolinggo Tangkap Pegawai Gadungan

Diterbitkan

-

TANGKAP: Pegawai gadungan saat dilakukan penangkapan. (memontum.com/nun)

Memontum Probolinggo – Seorang wanita berinisial AM, berhasil ditangkap petugas Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo. Wanita tersebut ditangkap, karena telah menyamar sebagai pegawai Kejari Kabupaten Probolinggo dan diduga melakukan penipuan.

Pegawai Kejari gadungan itu, diamankan di Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, tepatnya pada Jumat (21/06/2024) lalu. Dari hasil penyelidikan, ada tiga orang yang telah menjadi korban.

Kasi Intel Kejari Kabupaten Probolinggo, I Made Deadi Permana Putra, mengatakan bahwa untuk mengelabui korbannya, pelaku berinisial AM tersebut menyamar sebagai pegawai Kejari. Bahkan, mengaku sejak tahun 2021, berdinas di Kabupaten Pasuruan dan mengaku pindah tugas di Kabupaten Probolinggo, tahun 2024.

“Pelaku mengaku merupakan pegawai Kejari yang awalnya bertugas di Pasuruan dan pindah ke Kabupaten Probolinggo,” terangnya, Selasa (25/06/2024) tadi.

Advertisement

Baca juga :

Beberapa korban dari aksi AM, diantaranya berinisial DAU yang dihubungi pelaku untuk dijadikan pegawai Kejari tanpa tes. DAU dijanjikan oleh pelaku bisa menjadi pegawai Kejari, dengan hanya cukup membayar sejumlah uang.

“Korban mengaku diminta biaya sebesar Rp 12 juta dan telah membayar kepada pelaku sebanyak Rp 7,3 juta. Korban diberikan seragam dinas dan dua seragam batik lengkap dengan badge nya,” ceritanya.

Korban selanjutnya berinisial AS yang merupakan saudara dari DAU. Korban AS telah membayar Rp 12 juta dengan iming-iming akan menjadi pegawai Kejari Kabupaten Probolinggo. Selain itu, MW juga tertipu oleh pelaku dan mengaku telah membayar sebesar Rp 5.600 ribu.

“Pelaku saat mengelabuhi korban ini mengenakan seragam dinas lengkap beserta atributnya. Pelaku mengaku sebagai pegawai Kejari Kabupaten Probolinggo, yang baru pindah dari Kejari Kabupaten Pasuruan,” tambahnya. (nun/pix/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas