Connect with us

Pamekasan

Disporapar Pamekasan Dorong Masyarakat Ikut Kembangkan Pariwisata

Diterbitkan

||

Disporapar Pamekasan Dorong Masyarakat Ikut Kembangkan Pariwisata

Memontum Pamekasan – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan mengajak masyarakat ikut andil dalam mengembangkan wisata di Pamekasan. Salah satunya, dengan tidak menghilangkan kearifan lokal di Pamekasan.

Kepala Disporapar Pamekasan, Kusairi, mengatakan bahwa beragam obyek wisata yang dimiliki Pamekasan seperti wisata alam, budaya, kerajinan dan bahari, merupakan aset yang sangat potensial. Apalagi, dengan keragaman corak budaya masyarakat untuk dikembangkan menjadi Sumber Pendapatan Daerah (PAD).

Banyaknya obyek wisata di Pamekasan, tambahnya, memiliki pesona yang mampu memikat wisatawan. Baik itu wisatawan lokal, maupun mancanegara untuk berkunjung. “Kami akan berusaha semaksimal mungkin, guna mengembangkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pamekasan. Hal itu diperlukan kerja sama semua pihak, baik masyarakat, pemerintah hingga pengelola wisata,” paparnya, Kamis (12/05/2022) tadi.

Pihaknya, pun akan terus melakukan terobosan baru agar tempat wisata di Kabupaten Pamekasan menjadi pilihan wisatawan. Namun, tetap tidak meninggalkan kearifan lokal. Karena hal itu bisa membawa daya tarik tersendiri.

Baca juga :

Mantan Kasatpol PP itu menuturkan, Kabupaten Pamekasan memiliki destinasi wisata yang berbeda dengan yang lain, kondisi alamnya lain, pantainya juga lain, bahkan budaya lain. Karena itu ke depannya akan mengembangkan wisata yang Pamekasan miliki.

Guna mendukung peningkatan wisatawan, dirinya berencana untuk menyiapkan tenaga kerja (Pokdarwis) untuk dilatih bagaimana melayani dengan baik. “Dukungan pihak masyarakat sangat diharapkan. Bahwa warga Madura, khususnya Pamekasan santun menerima tamu. Sehingga, wisatawan yang berkunjung bisa membawa berita baik bahwa Pamekasan memang baik,” jelasnya.

Destinasi wisata, juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pelaku UMKM. “Setiap destinasi wisata wajib menyediakan produk UMKM yang ada di Kabupaten Pamekasan. Dari tempat wisata ini akan menampilkan produk UMKM Pamekasan sehingga para wisatawan akan dapat membeli hasil kreatif para UMKM, yang nantinya akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” tegasnya. (udi/srd/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.