Connect with us

Wisata

Ijen Geopark Akhirnya Lolos Unesco Global Geopark

Diterbitkan

||

Ijen Geopark Akhirnya Lolos Unesco Global Geopark

Memontum Bondowoso – Setelah melalui serangkaian tahapan, Ijen Geopark yang berada di kawasan Bondowoso dan Banyuwangi, akhirnya masuk Unesco Global Geopark (UGG). Kabar tersebut, sebagaimana ditetapkan dalam sidang Council yang digelar di Provinsi Satun, Thailand, pada 5 September 2022 lalu.

Ketua Harian Tim Ijen Geopark Bondowoso, Ahmad Sofyan, mengatakan bahwa berkat kekompakan tim dari Bondowoso dan Banyuwangi, yang mempunyai andil besar dalam proses yang sangat ketat ini, akhirnya bisa menorehkan hasil positif. “Kita wajib bersyukur, karena Ijen Geopark berhasil masuk UGG, hanya dalam sekali sidang. Padahal, untuk bisa masuk UGG, itu tidak semudah membalik telapak tangan,” kata Sofyan, Rabu (21/09/2022) tadi.

Baca juga :

Dijelaskannya, sidang council sendiri dihadiri oleh 20 negara anggota UGG dan 73 assessor. Hasil pengumpulan data dan penilaian di lapangan oleh Assessor Martina dan Jakob, yang telah bertugas di Ijen Geopark, pada Juni lalu, dinilai memenuhi standar yang ditetapkan UGG.

Dari Indonesia, tambahnya, ada dua kandidat yang didaftarkan masuk UGG. Yakni, Bondowoso-Jawa Timur dan Maros Pangkeb. Kedua lokasi ini, akan diresmikan pada Maret 2023 sebagai anggota UGG. Masuknya Ijen Geopark ke UGG, tentunya sangat menguntungkan Indonesia dan Kabupaten Bondowoso, pada khususnya. Karena dunia internasional, akan memasukkannya dalam daftar travelling para traveller dunia. (zen/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.