Kabar Desa

Kades Sumberdem Kabupaten Malang Raih Juara I Penganugerahan Paralegal Justice Award Tahun 2023

Diterbitkan

-

Kades Sumberdem Kabupaten Malang Raih Juara I Penganugerahan Paralegal Justice Award Tahun 2023

Memontum Malang – Wakil Bupati Malang, H Didik Gatot Subroto, memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Purwati, yang telah meraih Juara I ajang Penganugerahan Paralegal Justice Award tahun 2023. Yakni, ajang yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, bekerja sama dengan Mahkamah Agung RI.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, HM Syarifuddin, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Kamis (01/06/2023) malam. Salah satu Kepala Desa perempuan yang ada di Kabupaten Malang ini terpilih menjadi juara pertama setelah menyisihkan 765 pendaftar yang berasal dari 30 provinsi dan 123 kabupaten dan kota.

”Penghargaan ini akan menjadi semangat dalam rangka membangun sebuah tatanan hukum yang baik dengan harapan problematika-problematika yang ada di tingkat desa bisa ditekan sedemikian rupa,” ujar Wakil Bupati Malang.

Baca juga :

Advertisement

Anugerah Paralegal Justice Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala desa atau lurah yang telah mendapatkan penghargaan Nonlitigation Peacemaker karena telah berperan aktif dalam menyelesaikan setiap perkara di masyarakat secara non litigasi dan inklusif. Serta, penghargaan Anubhawa Sasana Desa Jagadhita yang diberikan karena perannya mendorong pertumbuhan investasi, pariwisata, dan lapangan kerja baik dalam hal kebijakan dan implementasinya.

Secara rinci, dijelaskan oleh Kepala Bagian Hukum, Setda Kabupaten Malang, Prasetyani Arum, bahwa ada empat kepala desa dari Kabupaten Malang yang turut ambil bagian dalam ajang penghargaan ini. Yakni, Kades Srigonco, Kecamatan Bantur, Didit Puji Leksono, Kades Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Purwati, Kades Wonosari, Kecamatan Wonosari, Suwito dan Kades Tambaksari, Kecamatan Tajinan, Teguh Wiyono.

“Alhamdulillah ke empat Kades ini berhasil memperoleh penghargaan Anubhawa Sasana DesaJagadhita. Selain itu, Bu Purwati bahkan juga menjadi Juara I Paralegal Justice Award tahun 2023 dan Pak Teguh Wiyono masuk Top 10 Kepala Desa Favorit Publik Paralegal JusticeAward 2023,” jelasnya. (pro/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas