Connect with us

Kota Batu

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Batu Tutup Kursus Mahir Dasar di Camping Ground Sahabat Alam

Diterbitkan

||

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Batu Tutup Kursus Mahir Dasar di Camping Ground Sahabat Alam

Memontum Malang – Wakil Wali (Wawali) Kota Batu, H Ir Punjul Santoso selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kota Batu menutup Kursus Mahir Dasar (KMD) IV, Minggu (05/12/2021). Penutupan KMD itu, dilaksanakan di Camping ground Dusun Sahabat Alam, Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Punjul Santoso menjelaskan, bahwa KMD adalah pendidikan kepramukaan yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi spiritual, emosional dan sosial para calon pembina mahir. Dirinya berharap, selama tujuh hari pelatihan, para pembina terus menjaga sikap dan kepekaan pada peserta didik. “Termasuk, terus berpegang pada semboyan ‘Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana’ kembali ke gugus depan membawa kenangan dan menerapkan ilmu yang didapat,” jelas Ketua Kwarcab Pramuka Kota Batu.

Baca juga

Diketahui, KMD di Kota Batu kali ini merupakan penyelenggaraan yang ke empat. Dan di setiap penyelenggaraan, diikuti rata- rata 40 peserta. Dengan giat yang ke empat ini, maka nantinya Kota Batu akan memiliki sekitar 160 pembina mahir.

“Untuk KMD ke empat ini diikuti 44 peserta yang terdiri, 24 peserta laki- laki dan 20 peserta perempuan. Sayangnya, ada 1 peserta yang tidak bisa meneruskan karena alasan kesehatan,” ujar Punjul. Dengan bertambahnya jumlah pembina mahir ini, diharapkan juga bisa lebih menghidupkan Gerakan Pramuka di sekolah. Saat ini, Kota Batu memiliki sekitar 150 lembaga sekolah. Namun dari jumlah tersebut, hanya 30 persen saja yang telah memiliki Pembina Mahir Pramuka. (bir/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.