Connect with us

Kota Malang

Kunjungan Perpustakaan Umum Kota Malang Alami Peningkatan

Diterbitkan

||

Kunjungan Perpustakaan Umum Kota Malang Alami Peningkatan

Memontum Kota Malang – Kunjungan Perpustakaan Umum Kota Malang, dalam sebulan kini mencapai sekitar lebih dari 3 ribu pengunjung. Angka kunjungan itu, mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga.

Pustakawan Muda, Santoso Mahargono, mengatakan bahwa naiknya jumlah pengunjung, tidak terlepas dari mulai meredanya Covid-19. “Saat ini perbulannya sudah lebih dari 3 ribu pengunjung. Saat PPKM Level 4, itu mengalami penurunan drastis, meskipun tetap kita layani melalui sosial media,” jelasnya, Rabu (24/08/2022) tadi.

Dikatakannya, bahwa dengan tersedianya jumlah buku hingga ratusan ribu eksemplar itu, untuk minat baca paling banyak yakni pada anak-anak. Karena, mereka lebih sering membaca buku novel hingga buku fiksi.

“Paling banyak ini anak-anak, mereka lebih sering membaca buku yang sifatnya hiburan. Seperti novel dan buku fiski. Lalu, ada mahasiswa juga yang mengambil buku-buku serius untuk penelitian dan sebagainya,” lanjutnya.

Baca juga :

Sementara itu, saat ini Perpustakaan Kota Malang menyiapkan terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan kunjungan. Karena untuk masuk di perpustakaan umum tidak dipungut biaya apapun. Begitupun juga dengan peminjaman buku. Hanya perlu mendaftarkan diri untuk menjadi anggota Perpustakaan Umum Kota Malang.

“Gratis untuk masuk sini, kalau ingin pinjam buku tentu harus menjadi anggota terlebih dahulu. Peminjaman pun juga tidak dipungut biaya. Kecuali, jika pengembalian buku terlambat maka akan dikenakan denda, per hari nya Rp 500,” katanya.

Selain itu, untuk meningkatkan peminjaman buku, juga telah disiapkan melalui aplikasi E-Mobilib. Di dalam aplikasi tersebut, masyarakat cukup mengellik buku yang ingin dipinjam, lalu akan diantarkan.

“Kami menyediakan aplikasi di playstore E-Mobilib, itu tentu tujuannya untuk memberikan akses, kemudahan, bagi masyarakat yang ingin membaca buku,” imbuhnya. (rsy/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *