Kota Malang

Penuhi Fasilitas Ramah Lansia, DLH Rencanakan Perbaikan Taman Kota Malang

Diterbitkan

-

Penuhi Fasilitas Ramah Lansia, DLH Rencanakan Perbaikan Taman Kota Malang
TAMAN: Salah satu keberadaan taman di Kota Malang. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Untuk mewujudkan kota yang ramah Lansia, beberapa fasilitas bagi Lansia di taman kota akan dilakukan perbaikan. Dalam pemenuhan itu, ada beberapa unsur yang harus dipenuhi, agar dapat mengakomodasi kebutuhan Lansia dengan baik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Noer Rahman Wijaya, menyampaikan jika salah satu indikator yang harus dipenuhi adalah tersedianya isyarat visual yang jelas dan mudah dipahami. Hal ini, akan membantu Lansia dalam berorientasi di dalam taman

“Selain itu, taman yang ramah Lansia juga harus memperhatikan kebutuhan penyandang disabilitas. Dalam hal ini, taman harus dilengkapi dengan fasilitas yang dapat memudahkan mereka dalam mengakses area taman dan menikmati fasilitas yang ada,” jelas Rahman, saat dikonfirmasi, Sabtu (17/06/2023) tadi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menekankan pentingnya adanya ruang sosialisasi di dalam taman. Sebab, ruang tersebut juga dimungkinkan para lansia untuk berinteraksi dan menjalin hubungan sosial dengan sesama pengunjung. Kemudian, juga mengenai aksesibilitas fasilitas.

Advertisement

Baca juga:

“Saat ini terdapat lima taman di Kota Malang, yang memenuhi kriteria sebagai taman ramah Lansia. Diantaranya, taman Alun-alun Merdeka, Taman Slamet, Taman Teluk Grajakan, Taman Bunga Merjosari dan hutan Kota Indragiri,” ucapnya.

Lebih lanjut pihaknya berharap, ke depan jumlah taman yang ramah Lansia di Kota Malang, bisa bertambah. Untuk sementara ini, pihaknya sedang melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap beberapa taman yang ada untuk memastikan kelayakan dan ramah Lansia.

“Dengan adanya taman yang ramah Lansia, diharapkan Lansia di Kota Malang, dapat menikmati waktu luang mereka dengan nyaman dan aman. Pemerintah Kota Malang juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas taman demi memberikan pelayanan terbaik bagi Lansia serta masyarakat umum,” imbuh Rahman. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas