Connect with us

Bondowoso

Tim Asesor Ijen Geopark Jadwalkan Senin Ini Berikan Rekomendasi

Diterbitkan

||

Tim Asesor Ijen Geopark Jadwalkan Senin Ini Berikan Rekomandasi

Memontum Bondowoso – Penilaian terhadap Ijen Geopark oleh Tim Asesor, telah dimulai sejak Jumat (10/06/2022) lalu. Sebanyak dua orang asesor, yakni Martina Paskova dan Jakob Walloe Hansen, ditugaskan untuk melakukan koreksi ke Kota Tape. Penilaian sendiri, dilakukan untuk memastikan Ijen Geopark layak masuk daftar Unesco Global Geopark (UGG).

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin dan Wakil Bupati, H Irwan Bachtiar Rahmat, serta Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, pun melakukan penyambutan. Selanjutnya, rombongan pun diarahkan langsung menuju Kawah Wurung, untuk melakukan asesment. Kemudian, rombongan menuju Kampung Kopi Kluncing atau di tempat ini ada Situs Kopi Bondowoso.

Selama proses penilaian dilakukan, kedatangan tim disambut dengan Tarian Singo Ulung, Ojung, Petik Kopi dan Tari Topeng Kona. Setelah puas menikmati keindahan alam dan tarian asli Bondowoso, keduanya mengunjungi Geosite Lava Plalangan, Situs Komplek Mata Air Panas Blawan dan Paltuding.

Baca juga :

Kyai Salwa, sapaan Bupati, mengaku optimis Ijen Geopark akan lolos masuk daftar UGG.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Dua asesor tersebut tampaknya sangat terkesan dengan Ijen Geopark. Bahkan, ke duanya berinteraksi langsung dengan pemetik kopi,” jelas Bupati Bondowoso, Minggu (12/06/2022) tadi.

Sejak di Kawah Wurung, lanjutnya, kedua asesor tampak sangat terkesan dengan view yang ada di Kabupaten Bondowoso. Usai melakukan penilaian, Tim Asesor merencanakan akan merekomendasikan hasilnya pada saat penutupan di Pendopo Banyuwangi, 13 Juni 2022.

“Rekomendasi asesor hasil penilaian terhadap Ijen Geopark, rencananya Senin besok. Semoga, Bondowoso masuk UGG agar dikenal dunia,” kata Kyai Salwa-sapaan Bupati Bondowoso. (zen/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.