Pamekasan

Tokoh Nasional Madura Mahfud MD dan AQ Hadiri Halal Bihalal Badan Silaturrahmi Ulama Pesantren Madura

Diterbitkan

-

Tokoh Nasional Madura Mahfud MD dan AQ Hadiri Halal Bihalal Badan Silaturrahmi Ulama Pesantren Madura

Memontum Pamekasan – Badan Silaturrahmi Ulama Pesantren Madura (Bassra) mengadakan Halal Bihalal di Gedung Utama P4TM, Jalan Raya Pasar Blumbungan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan. Halal bihalal ini sangat istimewa, karena mendatangkan dua Tokoh Nasional Madura, Mahfud MD dan Achsanul Qosasi (AQ).

Sekretaris Jendral (Sekjen) Bassra, Mohammad Syafik Rofii, menyampaikan bahwa ada empat hal yang menjadi pokok pembahasan pada kegiatan Halal Bihalal tersebut. Pertama, mengingat saat ini sudah memasuki tahun politik 2024, demi terciptanya Pemilu yang sukses menghasilkan pemimpin yang amanah.

“Kedua, Madura memiliki banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA) seperti tembakau, garam, Migas dan Sumber Daya Manusia (SDM). Maka, dipandang perlu untuk saling bahu-membahu dan bersama-sama memikirkan tentang masa depan Madura,” katanya, Sabtu (28/05/2023) tadi.

Baca juga:

Advertisement

Selain itu, poin ketiga Bassra berharap agar potensi SDA Madura dapat dikelola secara maksimal dengan cara pemerintah daerah dan pengusaha lokal saling bersinergi dan mendukung terciptanya pembangunan Madura.

“Terakhir itu, polemik tentang isu RUU Kesehatan yang menyamakan tembakau dan turunannya sebagai zat adiktif. Itu membuat resah masyarakat Madura, terutama petani tembakau dan buruh pabrik. Maka dari itu, meminta peninjauan ulang RUU Kesehatan khususnya Pasal 154 dan Pasal 156,” paparnya.

Sementara itu, Menkopolhukam Mahfud MD, mengatakan bahwa Bassra adalah perkumpulan ulama pertama di Madura yang lahir pada era tahun 90-an. Dimana penggagas Bassra adalah para ulama pesantren karismatik di zamannya, dengan tujuan membangun Madura dan Indonesia.

“Beberapa poin pokok ini yang disampaikan Bassra pada saat rapat bersama Wapres BJ Habibi pada tahun 1994,” singkatnya. (azm/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas