Connect with us

Kota Malang

Traffic Light Persimpangan Jembatan Tunggulmas Kota Malang Mulai Dioptimalkan

Diterbitkan

||

Traffic Light Persimpangan Jembatan Tunggulmas Kota Malang Mulai Dioptimalkan

Memontum Kota Malang – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, sudah melakukan pemasangan traffic light di persimpangan Jembatan Tunggulmas, sejak Jumat (10/06/2022) lalu. Hanya saja, traffic light itu baru diaktifkan, Senin (13/06/2022) tadi.

Plt Dishub Kota Malang, Handi Priyanto, menjelaskan bahwa selain menyalakan traffic light, pihaknya juga menyiapkan marka jalan di tiga sisi persimpangan Tunggulmas itu. “Minggu lalu, sudah survey bersama Dishub Kota, Dishub Provinsi, Bin Marga, Satlantas dan Forum Lalin, untuk penentuan titik traffic. Setelah digali, kemudian dipasang tiang traffic dengan nyala flashing. Lalu, pembuatan marka sudah selesai dan jam 8 pagi tadi, traffic kita on kan dan normal semua dua arah,” jelas Handi, Senin (13/06/2022). 

Untuk barrier yang berada di persimpangan itu, tambahnya, disisakan hanya lima sampai enam saja. Hal itu digunakan, untuk memilah pengendara yang akan belok kiri dan lurus ke arah Kota Batu dan Kota Malang, sebagai pembatas kendaraan.

“Pertimbangan pemasangan traffic light, ini tentu hasil rekomendasi forum lalin yang lalu. Jauh lebih efektif dan lancar kalau dibuka. Jadi, pengendara bebas mau ke kanan dan kiri. Tapi, begitu dibuka problemnya muncul polisi cepek, dan malah makin kacau disitu,” ujarnya.

Baca juga :

Dikatakan Handi, bahwa di Jembatan Tunggulmas Kota Malang, itu tidak mungkin terjadi kepadatan atau macet. Karena, sebelumnya sudah dilakukan uji coba tanpa traffic light selama satu minggu dan hasilnya lancar tidak terjadi kepadatan.

“Yang pasti, tidak ada crowded. Kan sudah kami buka uji coba tanpa traffic, kita buka los seminggu lancar. Ini juga masih belum tuntas, kurang pelebaran jalan,” lanjutnya.

Untuk pelebaran jalan yang dilakukan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada sejumlah pemilik provider tiang jalan. Hasilnya, sebagian dari pemilik itu sudah merespon dan akan memindahkan. Handi yakin bawah di bulan ini permasalahan Tunggulmas selesai.

“Bulan ini, selesai permasalahan Tunggulmas. Kita atur dengan traffic light, jadi ada bergantian jalan masing-masing ruas. Insyallah, tidak ada macet lah,” imbuhnya. (rsy/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.