Connect with us

Bondowoso

Wujudkan Remaja Berkarakter, SMPN 1 Pujer Bondowoso Adakan Konseling Remaja

Diterbitkan

||

Wujudkan Remaja Berkarakter, SMPN 1 Pujer Bondowoso Adakan Konseling Remaja

Memontum Bondowoso – SMPN 1 Pujer Bondowoso mengggelar konseling remaja bertajuk ‘Mewujudkan Remaja Berkaraker Menuju Masa Depan yang Berkualitas’ di Aula SMPN 1 Pujer, Jumat (01/04/2022) tadi. Kegiatan ini dilaksanakan, sebagai upaya mencegah kenakalan remaja dan perlindungan anak.

Kegiatan tersebut, digelar dengan bekerjasama bersama Dosen Hukum Perlindungan Anak, Hukum Pidana dari Universitas Muhammadiyah Jember, Turhayani, diikuti oleh seluruh siswa SMPN 1 Pujer.

Disampaikannya, bahwa ada dua bentuk eksploitasi terhadap anak. Sesuai Pasal 13 ayat (1) huruf b UU Perlindungan Anak, menyebutkan perlakuan eksploitasi meliputi perbuatan yang bertujuan memperalat, memanfaatkan, atau memeras anak. “Untuk keuntungan pribadi, keluarga atau golongan. Secara umum, ada dua bentuk eksploitasi anak, yaitu eksploitasi seksual dan eksploitasi ekonomi,” jelas Turhayani.

Baca juga :

Ditempat yang sama, Kepala SMPN 1 Pujer, Rida Syamsiah, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar siswa memiliki wawasan cara menjadi remaja yang berakhlakul karimah serta bijak dalam bermedsos. “Dalam kegiatan ini, kami bekerjasama dengan Dosen Hukum Perlindungan Anak, Hukum Pidana dari UM Jember sebagai nara sumber. Saya undang beliau ke sekolah, untuk memberikan materi tentang perlindungan anak dan Undang-Undang ITE,” kata Rida-sapaannya.

Lebih lanjut Rida mengatakan, bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk berupaya mewujudkan remaja berkarakter yang mampu meraih masa depan yang berkualitas. Oleh karena itu, siswa diajak membuat refleksi dan rencananya ke depan.

Kepala Sekolah yang pernah meraih juara 1 Forum Ilmiah Guru (FIG) Nasional tersebut berharap, dengan kegiatan ini, siswa tidak terjerumus dalam hal-hal yang merugikan. Serta memanfaatkan HP untuk hal-hal yang bermanfaat dalam meraih masa depan yang berkualitas. (zen/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.