Connect with us

Kota Malang

Zona III Kayutangan Heritage Kota Malang Digulirkan Minggu Depan

Diterbitkan

||

Zona III Kayutangan Heritage Kota Malang Digulirkan Minggu Depan

Memontum Kota Malang – Pengerjaan penataan Zona III Kayutangan Heritage di Jalan Basuki Rahmad, Kota Malang, segera dilakukan. Bahkan, dijadwalkan Senin (23/05/2022) lusa, pelaksanaan akan segera dilakukan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusumadewi, mengatakan pedestrian akan mulai dikerjakan dalam bulan ini. Targetnya, akhirnya November 2022, diharapkan pengerjaan sudah rampung.

Untuk pengerjaan zona III Kayutangan Heritage, tambahnya, mencakup pada penataan pedestrian, saluran, andesit hingga pengaspalan. DPUPRPKP Kota Malang, rencananya akan memperlebar pedestrian secara bervariasi. Dimana m, dengan lebar ruang 14 meter dan nantinya untuk pengendara roda dua dan empat di 12 meter. Lalu, untuk dua meternya difungsikan untuk jalur sepeda.

“Tanda itu masih kurang mundur satu meter lah. Total pedestrian, bervariasi. Kita jaga badan jalan nanti 14 meter. 12 meter kendaraan dan dua meter jalur sepeda,” ungkapnya.

Selain itu, paparnya, direncanakan juga ada berbagai fasilitas pelengkap. Diantaranya, jalur pemandu disabilitas, inlet drainase dan sumur resapan, sistem ducting kabel bawah tanah dan street furniture. Untuk pemindahan kabel fiber optic, seiring penuntasan infrastruktur ducting juga telah ditekankan kepada seluruh provider agar bersiap dan menyelaraskan jadwal agar pemandangan Kayutangan Heritage semakin rapi dan cantik.

Baca juga :

“Ada 14 provider, kalau tidak salah. Nantinya di zona III ini saya minta turunin dulu baru garap biar enak. Ducting ini kan nurunin, ganti kabeh terus dimasukan,” jelasnya.

Dalam pengerjaan penataan Zona III Kayutangan Heritage ini, ujarnya, terbagi dalam tiga tahapan. Dimulai dari penataan pedestrian sisi Utara dari BRI sampai Sarinah, kemudian dilanjutkan penataan pedestrian sisi selatan mulai dari Gang IV sampai Hotel Richie. Kemudian terakhir, masuk tahap finalisasi penataan andesit di area sekitar patung Chairil Anwar.

“Tahap satu dan dua gak perlu ada penutupan kawasan. Untuk tahap ketiga saat penataan andesit baru bulan September nanti dan kita masih akan bahas rekayasa lalu lintasnya,” katanya.

Sebagai informasi, dalam penataan kawasan Zona III Kayutangan Heritage, nanti Pemkot Malang turut memanfaatkan produk unggulan lokal Sanitair Klaseman sebagai elemen penting street furniture di sepanjang pedestrian. Pemanfaat produk ini, tentu guna membangun produk lokal dan menumbuhkan ekonomi lokal yang menjadi elemen penting dalam sebuah pembangunan ekonomi.

“Ada 26 kursi Sanitair. Nanti dipercantik juga pedestrian dengan 71 bollard berbentuk bola dan 64 bollard tiang pada area penyebrangan. Insyallah ini bagian support dari Pemkot Malang pada sentra industri lokal,” terangnya. (cw2/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.