Mojokerto

Dandim 0815 Hadiri Peringatan Hari Santri 2017 Di Kota Mojokerto

Diterbitkan

-

Dandim 0815 Hadiri Peringatan Hari Santri 2017 Di Kota Mojokerto

Memontum Mojokerto – Komandan Kodim (Dandim) 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji hadir dalam peringatan Hari Santri Tahun 2017, yang dilangsungkan di Lapangan Asrama Korem 082/CPYJ Cikaran, Kota Mojokerto, Sabtu (22/10/2017).

Peringatan Hari Santri tahun ini mengusung tema ‘Meneguhkan Peran Santri Dalam Bela Negara, Menjaga Pancasila dan NKRI’ bertindak sebagai Irup Walikota Mojokerto, Drs. KH. Mas’ud Yunus.

Usai pembacaan Undang-Undang Dasar 1945, pembacaan Ikrar Santri dan pembacaan Resolusi Jihad, Irup membacakan amanat Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, MA diantaranya, Hari ini tahun ketiga Keluarga Besar Nahdlatul Ulama dan seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Santri.

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri tanggal 22 Oktober 2015 yang bertepatan dengan tanggal 9 Muharram 1437 Hijriyah merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan.

Advertisement

Pengakuan terhadap kiprah ulama dan santri tidak lepas dari Resolusi Jihad yang dikumandangkan Hadlaratus Syeikh KH. Hasyim Asy’ari, Rais Akbar Nahdlatul Ulama, pada 22 Oktober 1945 di Kantor Hoofdbestuur Nahdlatoel Oelama di Jl. Boeboetan VI/2 Soerabaja.

Tanpa Resolusi Jihad NU dan pidato Hadlaratus Syeikh Hasyim Asy’ari, tidak akan pernah ada peristiwa 10 November di Surabaya yang kelak diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Kiprah santri teruji dalam mengokohkan pilar-pilar NKRI berdasarkan Pancasila yang bersendikan Bhinneka Tunggal Ika. Santri berdiri di garda depan membentengi NKRI dari berbagai ancaman. Pada 1936, sebelum Indonesia merdeka, kaum santri menyatakan nusantara sebagai Dârus Salâm. Pernyataan ini adalah legitimasi fikih berdirinya NKRI berdasarkan Pancasila.

Advertisement

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas