Lamongan

Peringati Puncak HPN 2018, Forkopimda Hadiri Pelantikan dan Sarasehan PWI Lamongan

Diterbitkan

-

Peringati Puncak HPN 2018, Forkopimda Hadiri Pelantikan dan Sarasehan PWI Lamongan

Memontum Lamongan — Sejumlah jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lamongan menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan periode 2017-2020 di Pendopo Lokatantra, Sabtu (24/3/2018).

Kegiatan itu dibarengkan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 dengan menggelar Sarasehan Media Mainstream vs Media Sosial. Kapolres AKBP Feby D.P. Hutagalung bersama Ketua PWI Jawa Timur Akhmad Munir dan Bupati Fadeli menjadi narasumber dalam sarasehan tersebut.

Ketua PWI Lamongan Bachtiar Febrianto mengatakan sengaja mengambil tema media mainstream vs media sosial, di tengah sedang boomingnya media sosial (medsos). Sehingga seolah-olah setiap orang bisa menjadi wartawan.

Kecepatan informasi melalui medsos ini menjadi keunggulan dibanding media mainstream seperti televisi dan cetak.

Advertisement

Karena media mainstream membutuhkan waktu untuk mengolah informasi sebelum disajikan, agar sesuai dengan etika jurnalistik dan bisa dipertanggungjawabkan.

Sementara di medsos cenderung tidak bisa dipertanggungjawabkan. Banyak disajikan tanpa konfirmasi dan cenderung tidak berimbang.

Pendapat ini diamini Kapolres Lamongan yang menyebutnya sebagai cikal bakal merebaknya hoaks yang meresahkan.

Sedangkan Akhmad Munir mengatakan pers sejatinya adalah profesi mulia, penting dan bermartabat. Sebagai pencarai dan penegak kebenaran serta mencerdaskan masyarakat.

Advertisement

“Jika ada yang melenceng dari pers yang sejati, seperti mengancam, menakut-nakuti, yang kemudian ujung-ujungnya meminta uang, penegak hukum agar menindak tegas saja, “ kata Munir.

Bupati Fadeli sendiri memberi apresiasi pada pengurus PWI Lamongan yang mampu menghidupan PWI yang lama mati. Dia berharap sinergi bersama pemerintah tetap terjalin. (Ifa/zen/nay)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas